Laporkan Masalah

EVALUASI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL BERDASARKAN RERANGKA PENGENDALIAN INTERNAL COSO (Studi Kasus pada Direktorat Pengelolaan Lahan BP Batam)

DINA SABILA, L.Suparwoto, Drs. M.Sc., CMA., Ak., CA.

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kecukupan dan efektivitas sistem pengendalian internal yang ada di Direktorat Pengelolaan Lahan BP. Penelitian ini mengacu pada Rerangka Pengendalian Internal COSO- Integrated Framework. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dengan studi lapangan melalui observasi, wawancara, serta inspeksi dokumen. Pengumpulan informasi diperoleh berdasarkan pertanyaan yang terdapat pada kuesioner pengendalian intern yang mengandung 5 komponen dan 17 prinsip di dalamnya. Data yang diperoleh akan digunakan untuk menentukan apakah desain pengendalian internal sudah memadai dan efektif berdasarkan Rerangka Pengendalian Internal COSO-Integrated Framework. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal di Direktorat Pengelolaan Lahan BP Batam sudah memadai dan efektif. Secara garis besar entitas ini sudah menerapkan kelima komponen yang terdapat pada Rerangka Pengendalian Internal COSO dan sudah berfungsi dengan baik, meskipun ada beberapa prinsip yang perlu ditingkatkan.

The purpose of this study is to evaluate the sufficiency and effectiveness of internal control at Direktorat Pengelolaan Lahan of BP Batam. This study refers to the COSO Internal Control-Integrated Framework. The research method used is qualitative with a case study approach. Data collection is carried out by field studies through observation, interviews, and document inspections. Gathered information is also obtained through the question in the Internal Control Questionnaire (ICQ) which include 5 components and 17 principles in it. The data obtained will be used to determine whether the internal control design is adequate and effective based on the COSO-Integrated Framework Internal Control Framework. The results of this study indicate that the internal control at the Direktorat Pengelolaan Lahan of BP Batam are adequate and effective. In general, this entity has implemented the five components contained in the COSO Internal Control Framework and is functioning properly, although there are several principles that need to be improved.

Kata Kunci : Pengendalian Internal,COSO, memadai, efektif, BP Batam

  1. S1-2020-393224-Abstract.pdf  
  2. S1-2020-393224-Bibliography.pdf  
  3. S1-2020-393224-TableOfContent.pdf  
  4. S1-2020-393224-Title.pdf