Laporkan Masalah

Media Habit dalam Menggunakan Aplikasi Dating Online (Studi Etnografi Perilaku dan Preferensi LGBT dalam Menggunakan Aplikasi Dating Online)

RULLY SETIANA, Novi Kurnia, M.Si., M.A., Ph.D.

2020 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASI

Media sosial memberikan fasilitas pada para penggunanya untuk dapat melakukan beragam aktifitas secara online dengan terhubung melalui internet. Salah satu media sosial yang diminati oleh pengguna dengan milyaran pengguna di seluruh dunia adalah aplikasi dating online. Aplikasi dating online kemudian menjadi aplikasi yang mulai wajar digunakan oleh pengguna smartphone. Aplikasi tersebut pada dasarnya memberikan fasilitas bagi seseorang untuk berkenalan dan menjalin hubungan pertemanan atau lebih dengan seseorang yang tidak dikenal sebelumnya. LGBT merupakan salah satu komunitas yang menggunakan dating apps tersebut untuk berkenalan dengan sesamanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi untuk mendeskripsikan media habit (kebiasaan penggunaan media) dan preferensi LGBT dalam menggunakan dating apps baik yang umum maupun khusus untuk LGBT. Menurut teori Aktifitas audiens dan penggunaan media, ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memilih dan menggunakan media. Temuan penelitian menunjukan adanya kaitan antara beberapa variabel yang melatarbelakangi penggunaan dating apps oleh LGBT yaitu, latar belakang, gaya hidup, dan penerimaan diri seseorang terhadap kebiasaan dan preferensi pemilihan dating apps yang digunakan oleh informan.

Social media provides facilities for its users to be able to carry out various activities online by connecting via the internet. One of the social media that is in demand by users with billions of users around the world is an online dating application. Online dating applications are becoming commonplace applications for smartphone users. This application basically provides a facility for someone to get acquainted and form friendships or more with someone they did not know before. LGBT is one community that uses these dating apps to get to know each other. This study used a qualitative method with an ethnographic approach to describe LGBT media habits and preferences in using both general and specific LGBT dating apps. According to the theory of audience activity and media use, there are several variables that influence a person in choosing and using media. The findings of the study show a link between several factors behind the use of dating apps by LGBT people, namely, background, lifestyle, and self-acceptance of the habits and preferences of choosing dating apps used by informants.

Kata Kunci : biseksual, dating apps, gay, lesbian, transgender

  1. S2-2020-419070-abstract.pdf  
  2. S2-2020-419070-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-419070-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-419070-title.pdf