TRANSFORMASI STATUS PEKERJAAN PADA PEKERJA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA PALEMBANG
WAHYU SAPUTRA, Prof. Dr. Sri Rum Giyarsih, M.Si; Dr. Agus Joko Pitoyo, S.Si., M.A.
2020 | Disertasi | DOKTOR KEPENDUDUKANInovasi disruptif pada sisi teknologi telah mengubah ojek konvensional menjadi ojek online (transportasi online). Pentingnya penelitian ini dilakukan karena masuknya teknologi pada pekerjaan sektor informal yaitu ojek konvensional menjadi transportasi online. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik pekerja transportasi online, menemukan status informal atau formal pada pekerjaan di transportasi online, menggali proses dan dampak transformasi status pekerjaan pada pekerja transportasi online, menganalisis transformasi pendapatan pada pekerja transportasi online di Kota Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode campuran triangulasi konkuren. Data yang digunakan adalah data primer pada pekerja transportasi online gojek menggunakan kendaraan roda dua (sepeda motor). Sampel berjumlah 384 orang (kuantitatif) dan 15 orang (kualitatif). Teknik pengumpulan data dengan survei (kuantitatif) dan observasi, wawancara, dokumen, audio visual (kualitatif). Variabel yang digunakan adalah pertama karakteristik pekerja (umur, jenis kelamin, status pernikahan, pendidikan, pendapatan, status migran dan non migran), kedua status formal atau informal pada pekerjaan transportasi online (skala usaha, kelayakan usaha, pembukuan usaha, permodalan, perencanaan usaha, sumber modal, perputaran modal, pengakuan negara, bantuan negara, izin usaha, pemberi izin, unit usaha, kegiatan usaha, organisasi, teknologi, pendidikan formal, keterampilan, jam kerja, stok jasa, kualitas jasa, omzet, khalayak pasaran, jumlah karyawan, hubungan kerja, hubungan majikan dan karyawan, tempat usaha, kontribusi terhadap negara, karakteristik usaha), ketiga transformasi status pekerjaan (pekerjaan sebelum di transportasi online dan pekerjaan setelah di transportasi online), dan keempat transformasi pendapatan (pendapatan sebelum bekerja di transportasi online dan pendapatan setelah bekerja di transportasi online). Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis tabulasi silang, Uji Mann-Whitney dan Uji Wilcoxon melalui SPSS. Teknik analisis data kualitatif dengan cara peneliti mereview semua data, memberikannya makna, dan mengolahnya kedalam kategori-kategori atau tema-tema yang melintasi semua sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pekerja transportasi online didominasi usia muda, jenis kelamin laki-laki, belum menikah, pendidikan terakhir sekolah menengah atas, status migran, dan pendapatan di atas 3 juta rupiah. Kedua, transportasi online disebut sebagai sektor semi formal karena didominasi aspek-aspek formal seperti penggunaan teknologi modern dan memiliki aspek informal seperti jam kerja yang fleksibel. Ketiga, transformasi status pekerjaan terjadi dari yang tidak bekerja ke semi formal, kemudian setelah adanya kekurangan dalam pekerjaan di semi formal, pekerja melakukan diversifikasi pekerjaan yaitu bekerja di semi formal sekaligus informal dan bekerja di semi formal sekaligus formal. Selain itu, terjadinya transformasi positif yaitu dari informal ke semi formal dan transformasi negatif yaitu dari formal ke semi formal. Keempat, transformasi status pekerjaan berdampak pada terjadinya transformasi pendapatan yaitu perubahan peningkatan pendapatan sebelum dan setelah bekerja di transportasi online.
Disruptive innovation on the technology side has transformed conventional ojek into online ojek (online transportation). The importance of this research is because of the entry of technology in informal sector jobs, namely conventional motorcycle taxis into online transportation. The purpose of this study is to identify the characteristics of online transportation workers, find informal or formal status on jobs in online transportation, explore the process and impact of job status transformation on online transportation workers, analyze income transformation of online transportation workers in Palembang City. This research method uses a mixed method of concurrent triangulation. The data used are primary data on online gojek transportation workers using two-wheeled vehicles (motorbikes). The sample consisted of 384 people (quantitative) and 15 people (qualitative). Data collection techniques with surveys (quantitative) and observation, interviews, documents, audio visual (qualitative). The variables used are firstly the characteristics of workers (age, gender, marital status, education, income, migrant and non-migrant status), second, formal or informal status in online transportation jobs (business scale, business feasibility, business bookkeeping, capital, business planning. , capital resources, turnover of capital, state recognition, state aid, business license, licensor, business unit, business activity, organization, technology, formal education, skills, working hours, service stock, quality of service, turnover, market audience, number of employees , employment relationship, employer and employee relations, place of business, contribution to the country, business characteristics), the third is job status transformation (job before online transportation and job after online transportation), and the fourth is income transformation (income). Quantitative data analysis techniques used cross tabulation analysis, Mann-Whitney test and Wilcoxon test through SPSS. Qualitative data analysis techniques involve the researcher reviewing all data, giving it meaning, and processing it into categories or themes that cross all data sources. The results showed that first, online transportation workers were dominated by young age, male gender, single, high school education, migrant status, and income above 3 million rupiah. Second, online transportation is referred to as the semi-formal sector because it is dominated by formal aspects such as the use of modern technology and has informal aspects such as flexible working hours. Third, the transformation of work status occurs from those who do not work to semi-formal, then after a shortage in semi-formal jobs, workers diversify their jobs, namely working in semi-formal as well as informal and semi-formal as well as formal. In addition, there is a positive transformation, namely from informal to semi-formal and negative transformation, from formal to semi-formal. Fourth, the transformation of work status has an impact on income transformation, namely changes in increased income before and after working in online transportation.
Kata Kunci : Transformasi, Status Pekerjaan, Transportasi online