Laporkan Masalah

Employee's Stress in Health Product Companies

IRFAANSYAH PRATAMA S, Tidak ada (Disusun saat Program Double Degree di Toulouse Business School)

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Tempat kerja dan tugas kerja dapat menjadi sumber munculnya berbagai masalah dan menyebabkan seseorang mengalami stres. Ada banyak faktor berbeda yang dapat mempengaruhi perasaan stres dalam lingkungan kerja yang dapat berdampak baik pada karyawan maupun pemberi kerja. Pada saat studi ini ditulis, dunia sedang dilanda pandemi dimana pemerintah mewajibkan perusahaan untuk menerapkan kebijakan 'bekerja dari rumah' bagi karyawannya. Dengan penerapan kebijakan baru ini secara tiba-tiba, perusahaan dan karyawan memiliki sedikit waktu untuk beradaptasi dengan sistem baru dan banyak masalah muncul. Dengan adanya penelitian dari artikel, jurnal, berita, dan teori, memungkinkan kita untuk menemukan permasalahan yang terjadi di lingkungan kerja terkait dengan stres yang dialami karyawan, terutama pada saat bekerja dari rumah. Selanjutnya dengan melakukan wawancara dengan perwakilan perusahaan tentang permasalahan tersebut, diperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang faktor stres karyawan dan bagaimana perusahaan mengelolanya. Hasil penelitian menunjukkan perlunya perusahaan menyesuaikan tujuan dan kebijakannya, melatih manajer, meningkatkan strategi komunikasinya, meningkatkan interaksi non-kerja, memberikan dukungan kepada karyawan, dan juga menerapkan pendekatan standar manajemen untuk mengurangi stres karyawan selama bekerja dari rumah dan juga untuk dapat mencegah, mendeteksi, dan mengukur tingkat stres karyawan di masa mendatang.

Workplace and work task could become the source where many problems may appear and lead an individual to stress. There are many different factors that could influence the feeling of stress within the work environment where it can impact both the employees and the employers. At the time this study is being written, the world has been hit by a pandemic where the government require companies to apply work from home policy for their employees. With the sudden implementation of this new policy, companies and employees have little time to adapt to the new system and many problems arise. With the research from articles, journals, news, and theories, it allowed us to find the problems that are happening in work situation regarding the stress of the employees, especially during the work from home period. Furthermore, by having an interview with the company representative about these problems, a deeper understanding about the factor of employees stress and how the companies manage it, were obtained. The results of the study suggest that there is a need for the company to adjust their goal and policy, train the managers, improve their communication strategies, enhance the non-work interactions, provide support to the employees, and also apply the management standard approach to make the employees less stressful during work from home and also to be able to prevent, detect, and measures the employees stress level in the future.

Kata Kunci : Employee's Stress, Workplace Stress, Work from Home

  1. S1-2020-392621-abstract.pdf  
  2. S1-2020-392621-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-392621-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-392621-title.pdf