Laporkan Masalah

Pandangan Orang Asia Amerika terhadap Identitas Mereka sebagai Orang Asia dalam Novel Eleanor and Park oleh Rainbow Rowell: Pendekatan Sosial Psikologi

AULIA NUR AFIFAH, Drs. Muh. Arif Rokhman M. Hum., Ph. D

2020 | Skripsi | S1 SASTRA INGGRIS

Penelitian ini menganalisis tentang pandangan karakter orang Asia Amerika di dalam novel Eleanor and Park, Mindy Sheridan, Park Sheridan, dan Josh Sheridan, terhadap identitas mereka sebagai orang Asia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami cara pandang karakter orang Asia Amerika terhadap identitas mereka sebagai orang Asia dan faktor-faktor yang mempengaruhi cara pandang mereka. Analisa pada penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan sosial psikologi yang didukung oleh teori identitas sosial Henri Tajfel dan John turner dan model perkembangan identitas minoritas yang dikembangkan oleh D. R. Atkinson, George Morten, dan Derald Wing Sue. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa cara pandang karakter orang Asia Amerika terhadap identitas mereka sebagai orang Asia dipengaruhi oleh nilai yang dipercaya oleh kelompok dominan di lingkungan sosial mereka.

This research analyzes how Asian American characters in the novel Eleanor and Park, Mindy Sheridan, Park Sheridan, and Josh Sheridan, view their identity as Asian. The objectives of this research is to understand how Asian American characters view their identity as Asian and what factors influence their view. The analysis of this research is conducted using social psychology approach supported by social identity theory proposed by Henri Tajfel and John Turner and minority identity development model proposed by D. R. Atkinson, George Morten, and Derald Wing Sue. The result of this research shows that Asian American characters view on their identity as Asian is influenced by the values believed by the dominant group in their social environment.

Kata Kunci : Identitas, Orang Asia, Orang Asia Amerika, Pandangan

  1. S1-2020-384012-abstract.pdf  
  2. S1-2020-384012-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-384012-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-384012-title.pdf