Laporkan Masalah

Analisis Efektivitas, Kontribusi dan Laju Pertumbuhan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tanah Datar

BUNGA NAFISA, Dianila Oktyawati, S.A., M.Acc., Ak., CA., BKP., CMA

2020 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Pajak adalah salah satu komponen atau media yang sangat penting dalam pemerintahan dan pembangunan nasional di Indonesia. Untuk memperlancar pembangunan maka diperlukan suatu dana yang salah satunya berasal dari penerimaan daerah yaitu dari pemungutan pajak dan retribusi daerah. Salah satu pemungutan pajak yang berkontribusi dalam penerimaan daerah adalah pajak reklame. Pajak reklame adalah pajak yang dikenakan atas penyelenggaraan reklame. Penyelenggaraan reklame di Kabupaten Tanah Datar diatur oleh Peraturan Bupati nomor 4 tahun 2012 tentang dasar perhitungan sewa reklame dan tata cara pemasangan reklame serta nilai perolehan air tanah. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas, kontribusi, dan laju pertumbuhan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Tanah Datar. Metode penelitian dalam penulisan ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada teori dan rumus efektivitas, kontribusi, dan laju pertumbuhan. Berdasarkan analisis data tersebut didapatkan hasil bahwa efektivitas pemungutan pajak reklame Kabupaten Tanah Datar tahun 2015-2019 mengalami penurunan, untuk kontribusi pajak reklame terhadap PAD KabupatenTanah Datar dari tahun 2015-2019 tergolong kedalam skala sangat kurang berkontribusi dan untuk laju pertumbuhan pajak reklame di Kabupaten Tanah Datar tahun 2015-2019 berfluaktif.

Tax is one of the most important components or media in the goverments or media government and Indonesia development. To expedite development a funding is needed which comes from the regional original income is advertisement tax. Advertisment tax is tax that imposed on advertisement holding. The operation of advertisement in Tanah Datar district is regulated by regional regulation number 4 of 2012 concering the basis for calculating billboard rent and procedure for installing billboard as well groundwater acquisition value. The thesis to find out how much effectiveness contribution and rate of growth advertisement tax on regional original income of Tanah Datar district. The methods in thesis is descriptive quantitative approach. Data analysis techniques used refer to theory of formula affectiveness, contribtution, and growth rate. Based on the analysis of data it was found that affectiveness of Tanah Datar district from 2015-2019 is decrease, the tax contribution of advertisement tax to the regional original income of Tanah Datar district from 2015-2019 is classified into the scale of very under contributing, the last for advertisement tax growth rate 2015-2019 is fluctuates

Kata Kunci : Analisis Efektivitas, Analisis Kontribusi, Analisis Laju Pertumbuhan, Pajak Reklame, Pendapatan Asli Daerah. ���&

  1. D3-2020-410712-Abstract.pdf  
  2. D3-2020-410712-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-410712-Title.pdf