Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BERPENGARUH TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LAYANAN PERBANKAN DIGITAL STUDI KASUS APLIKASI JENIUS BANK BTPN

MICHAEL DEDI P, Haryono, Drs., M.Com., Ak., CA.,

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Zaman yang semakin berkembang mengakibatkan perkembangan pesat dalam dunia teknologi, salah satunya adalah teknologi keuangan seperti perbankan. Munculnya layanan perbankan digital yang mempengaruhi kegiatan perekonomian menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi penggunaan layanan perbankan digital khususnya pada aplikasi layanan perbankan digital Jenius dari Bank BTPN. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kerangka PIECES yang terdiri dari kinerja, informasi dan data, ekonomi, pengendalian dan keamanan, efisiensi, dan layanan. Data yag digunakan adalah data primer dan dihimpun dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada mahasiswa di Jateng dan DIY. Hasil dari hal tersebut didapatkan 299 data hasil jawaban kuesioner yang dapat dianalisis lebih lanjut. Metode uji regresi linier berganda dalam penelitian ini menghasilkan bahwa faktor kinerja, informasi dan data, ekonomi, pengendalian dan keamanan, efisiensi, dan layanan semuanya berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna Jenius. Faktor efisiensi memiliki pengaruh paling tinggi dan signifikan terhadap kepuasan pengguna Jenius. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan pengembangan Jenius selanjutnya.

Increasing times have resulted in rapid developments in the world of technology, one of which is financial technology such as banking. The emergence of digital banking services that affect economic activity is important to note. This study aims to analyze and evaluate the use of digital banking services, especially in the application of Jenius digital banking services from BTPN Bank. The study was conducted using the PIECES framework consisting of a performance, information and data, economy, control and security, efficiency, and services. The data used are primary data and collected by distributing questionnaires online to students in Central Java and Yogyakarta. The results of these are 299 data obtained from the answers to the questionnaire that can be further analyzed. The multiple linear regression test method in this study results that the factors of performance, information and data, economy, control and security, efficiency, and service all have a positive effect on the satisfaction of Jenius users. The efficiency factor has the highest and significant influence on the satisfaction of Jenius users. This research is expected to be taken into consideration in the development of further genius.

Kata Kunci : kinerja, informasi dan data, ekonomi, pengendalian dan keamanan, efisiensi, layanan, kepuasan, Jenius

  1. S1-2020-397049-abstract.pdf  
  2. S1-2020-397049-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-397049-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-397049-title.pdf