Laporkan Masalah

ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MATA KULIAH AKUNTANSI

NOVALDO RIZQI ALIF, Syaiful Ali, MIS., Ph.D., Ak., CA.,

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak semua elemen dalam bersosialisasi dan menciptakan kondisi normal yang baru atau New Normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap efektivitas penggunaan metode Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Model Perhitungan Efektivitas Mata Kuliah dengan tambahan berupa Information System Success Model. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner online melalui Google Form. Data yang telah diterima diambil sampel menggunakan Non-Probability Purposive Sampling dengan jumlah sampel yang diterima sebanyak 152 responden. Data sampel diproses menggunakan aplikasi perangkat lunak SPSS versi 25. Variabel Fasilitator Pembelajaran, Dorongan Teknologi, Kualitas Sistem, Tangibility, Inspirasi Dosen, dan Interaksi dan Partisipasi merupakan variabel independen dalam penelitian ini. Variabel tersebut diuji terhadap variabel dependen berupa Pengalaman Pembelajaran sebagai tujuan akhir mahasiswa dan sebagai patokan dalam mengukur efektivitas dalam Pembelajaran Online. Variabel Jenis Mata Kuliah sebagai Variabel Dummy digunakan sebagai pembaharuan dan menguji jenis mata kuliah apa yang lebih efektif diterapkan menggunakan metode Pembelajaran Online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fasilitator Pembelajaran, Dorongan Teknologi, dan Interaksi dan Partisipasi telah efektif diterapkan dalam Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19. Jenis Mata Kuliah dalam penelitian ini belum dapat memberikan hasil dalam membedakan jenis mata kuliah apa yang efektif jika menggunakan Pembelajaran Online.

The Covid-19 pandemic limits the movement of all elements in socializing and creates New Normal conditions. This study aims to determine factors that influence students' perceptions of Online Learning usage during the Covid-19 Pandemic. The analysis in this study uses a Course Effectiveness Calculation Model and the Information System Success Model. This research is a quantitative descriptive study with primary data obtained by distributing online questionnaires through Google Form. The data received is sampled using a Non-Probability Purposive Sampling with a total sample size of 152 respondents. The sample data uses the SPSS version 25 software application. This study using Learning Facilitator variables, Technology Encouragement, System Quality, Tangibility, Lecturer Inspiration, and Interaction and Participation as independent variables. This variable is tested against the dependent variable in the form of Learning Experience as the goal of students and a benchmark in measuring Online Learning strength. Variable Types of Subjects as Dummy Variables are used as updates and testing of what types of courses are more effectively applied using Online Learning. The results of this study indicate that Facilitator Learning, Technology Encouragement, and Interaction and Participation have been successfully applied in Online Learning during the Covid-19 Pandemic. Types of courses in this study have not provided different results on what types of courses are effective when using Online Learning.

Kata Kunci : Pembelajaran Online, Synchronous Learning, Asynchronous Learning, Efektivitas, Information System Success Model, Akuntansi, Perguruan Tinggi

  1. S1-2020-397056-abstract.pdf  
  2. S1-2020-397056-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-397056-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-397056-title.pdf