Laporkan Masalah

PERUBAHAN BEBAN DAN MODE KERJA JURNALIS DI ERA KONVERGENSI, KUALITAS PRODUK MEREKA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (Studi Kasus Jurnalis Media Konvergen di Yogyakarta)

MAHADEVI P. PUTRI, Kuskridho Ambardhi, M.A., Ph.D.

2020 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASI

Konvergensi membuat perubahan yang siginifikan pada media. Hal ini tentu juga berdampak kepada para jurnalis yang bekerja di media, terutama pada cara kerja mereka, beban kerja, dan kualitas produk yang dihasilkan. Penelitian ini kemudian ingin melihat bagaimanakah perubahan-perubaha tersebut dan faktor-faktor apa yang memberikan pengaruh? Sehingga dari penelitan ini bisa memberikan gambaran komprehensif terkait jurnalis di era kontemporer, konvergensi saat ini. Setidaknya ada tiga tahap dalam pekerjaan jurnalis, dari pengumpulan informasi, produksi dan agregasi, serta distribusi. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan melakukan wawancara kepada delapan jurnalis di Yogyakarta yang bekerja di media konvergen. Dari penelitian yang dilakukan kemudian perubahan dalam tiga tahapan tersebut dirasakan oleh para jurnalis di era konvergensi ini. Dalam proses pengumpulan informasi mereka dituntut untuk multitasking. Dalam proses produksi dan agregasi mereka juga kini dituntut untuk bekerja cepat. Begitu pula dalam distribusinya, para jurnalis harus bisa membuat konten untuk platform yang berbeda-beda.

Convergence makes significant changes to the media. Its also has an impact on journalists, especially on their workload, the way they work, and the quality of their products. This research wants to see how these changes and what factors influence them? So that it could provide information relating to journalists in the contemporary era, convergence. There are at least three stages in a journalist's work, coverage information, production and aggregation, and also distribution. Case study method used in this research by conducting interviews with eight journalist who work in a convergent media. From the research conducted, the changes in the three stages were felt by journalists now. They are required to work multitasking for newsgathering. They also have to work fast, and make various content for different platform.

Kata Kunci : konvergensi, media, jurnalis, liputan, multiplatform, teknologi.

  1. S2-2020-434286-abstract.pdf  
  2. S2-2020-434286-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-434286-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-434286-title.pdf