Laporkan Masalah

Analisis Prinsip Etika dalam Kebijakan Privasi Daring Perusahaan dengan Bisnis Online di Indonesia

CYRILLA WIKAN TARU P, Didi Achjari, Prof. Dr., M.Com., Ak., CA.

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Isu privasi merupakan salah satu topik yang terus dihadapi oleh bisnis hingga saat ini, terutama dalam kaitannya dengan proses penambangan data. Konsumen sebagai subyek data dan perusahaan sebagai pengendali data sama-sama memiliki hak dan kewajiban masing-masing untuk menjaga keutuhan dan kerahasiaan data. Segala perlakuan terhadap data pribadi milik konsumen harus dilakukan perusahaan dengan perilaku yang etis dan bertanggung jawab secara moral sehingga tidak melukai hak privasi individu. Dalam hal ini, perusahaan membuat kebijakan privasi daring yang mengatur keseluruhan proses kegiatan pertukaran data sekaligus menjadi media komunikasi kepada pemilik data. Penelitian ini mengkaji sejauh mana perusahaan dengan bisnis online menerapkan prinsip-prinsip etika dalam kebijakan privasi daring yang mereka sajikan dalam situs web. Peneliti menganalisis prinsip etika dengan melakukan pemeringkatan atas akumulasi skor setiap prinsip etika dengan menggunakan indikator evaluasi berupa intensitas praktik etika dan kedalaman narasi praktik etika dari 50 perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dengan mereviu kebijakan privasi masing-masing perusahaan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa perusahaan dengan bisnis online di Indonesia baru memenuhi prinsip etika dasar dan belum secara merata menerapkan prinsip etika secara komprehensif.

Nowadays, company continues to facing and takes concern of the privacy issue, including those relating to the data mining process. Consumers as data subject and companies as data controller face the same rights and obligations to maintain the integrity and confidentiality of data. All the treatment of personal data mining subject must be carried out by companies in ethical way and morally responsible so as not to violate the privacy rights of individuals. In this case, companies detail their privacy practice in online privacy policies that regulate the entire process of data exchange as well as a medium of communication to data subject. This study examines the extent to which companies with online businesses apply ethical principles in their online privacy policies that presented on the website. Researcher analyzes this study by ranking the accumulated scores of each ethics principle using intensity of ethical practice and the depth of the narrative as evaluation indicators of 50 Indonesian online businesses. A qualitative study was conducted by collecting data through evaluation of each online privacy policies. The results of the study indicate that companies with online businesses in Indonesia have only fulfilled basic ethical principles and mostly have not evenly applied ethical principles comprehensively.

Kata Kunci : Privasi, Kebijakan Privasi Daring, Penambangan Data, Etika, Bisnis Online

  1. S1-2020-393222-abstract.pdf  
  2. S1-2020-393222-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-393222-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-393222-title.pdf