Laporkan Masalah

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERSEPSI KUALITAS WEBINAR SEBAGAI MEDIA PENGAJARAN ONLINE BAGI DOSEN AKUNTANSI DI INDONESIA

KEYSHA ARUM PERDANA, Syaiful Ali, MIS., Ph.D., Ak., CA.,

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi persepsi kualitas Webinar sebagai media pengajaran online mata kuliah akuntansi dengan menggunakan teori SERVQUAL dan Information System Success (ISS). Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dengan cara survei online melalui Google Form. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 149 responden. Data dianalisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan software SPSS 26. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; Tangibility, Keandalan, Empati, Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Persepsi Kegunaan. Keenam variabel tersebut akan diuji pengaruhnya terhadap Persepsi Kualitas Webinar. Hasil penelitian menunjukkan dua dari enam variabel - Kualitas Informasi dan Persepsi Kegunaan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Persepsi Kualitas Webinar. Sedangkan empat variabel lainnya - Tangibility, Keandalan, Empati, dan Kualitas Sistem tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Persepsi Kualitas Webinar.

This study aims to analyze the factors influencing Webinar Perceived Quality as an online teaching platform for accounting courses by using the SERVQUAL and Information System Success (ISS) theory. The method used in this study is descriptive quantitative. The data used are primary data obtained through an online survey with Google Form. This study uses purposive random sampling with a total sample of 149 respondents. Data were analyzed by multiple linear regression using IBM SPSS 26. Independent variables included in this study are; Tangibility, Reliability, Empathy, Information Quality, System Quality, and Perceived Useful. These six variables will be tested for their effect on Webinar Perceived Quality. The results showed two of the six variables - Information Quality and Perceived Useful had a significant positive effect on Webinar Perceived Quality. Whereas the other four variables - Tangibility, Reliability, Empathy, and System Quality do not have a significant effect on Webinar Perceived Quality.

Kata Kunci : Webinar, Synchronous E-learning, SERVQUAL, ISS, Accounting in Higher Education

  1. S1-2020-393236-abstract.pdf  
  2. S1-2020-393236-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-393236-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-393236-title.pdf