Laporkan Masalah

Analisis Pengaruh Struktur Pendanaan terhadap Efisiensi Bank Umum Syariah di Indonesia

SEFTIA SUWARI, Prof. Dr. Slamet Sugiri, MBA.

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur pendanaan terhadap efisiensi Bank Umum Syariah di Indonesia pada tahun 2016 - 2019 (Q3) dengan menggunakan pendekatan non-parametrik Data Envelopment Analysis (DEA). Penelitian ini menggunakan model Constant Return to Scale dan Variable Return to Scale dan berorientasi pada output. Penelitian ini juga didasari pada teori trade-off dan teori keagenan yang menyatakan bahwa keputusan perusahaan dalam memilih pendanaan berdampak pada kinerja perusahaan dan komposisi besar kecilnya utang dan modal perusahaan yang ditetapkan berpengaruh pada keseimbangan biaya yang dikeluarkan dengan keuntungan. Variabel independen yang digunakan adalah dana pihak ketiga dan total modal dengan pendapatan operasional, pembiayaan, dan investasi sebagai output penelitian. Kemudian, variabel dependennya adalah efisiensi BUS dengan pendekatan DEA. Penggunaan utang dan modal di BUS memiliki nilai efisiensi bervariasi dan tidak berpengaruh positif terhadap efisiensi BUS di Indonesia.

This study aims to examine the relationship between funding structure and the efficiency in Indonesia Islamic Banking during 2016-2019 (Q3) used non-parametric Data Envelopment Analysis (DEA) approach. This study used Constant Return to Scale and Variable Return to Scale models and output-oriented. This study based on trade-off theory and agency theory which state that the firm decision in choosing financial influence firm performance and composition of the size firm's leverage and capital determined to effect the balance of cost incurred with profit. Third party fund and total modal used as independent variable with operational income, financing, and investment as research output. Efficiency Islamic Banking based on DEA approach used as dependent variable. The used of leverage and capital in Islamic Banking has varying efficiency value and has not positive effect on Indonesia Islamic Banking efficiency.

Kata Kunci : Bank Umum Syariah (BUS), Data Envelopment Analysis (DEA), efisiensi, struktur pendanaan, teori trade-off, teori keagenan.

  1. S1-2020-395619-abstract.pdf  
  2. S1-2020-395619-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-395619-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-395619-title.pdf