Laporkan Masalah

Sistem Informasi Pembelajaran Pajak untuk Member - Kompas Pajak Ajaib Berbasis Website

AZZA ULIL AFIDAH, Irkham Huda, S.Kom., M.Cs.

2020 | Tugas Akhir | D3 Komputer dan Sistem Informasi

Tiga mahasiswa dari Sekolah Vokasi UGM membuat alat peraga pendidikan bernama KOPAJA atau Kompas Pajak Ajaib untuk membantu belajar perhitungan perpajakan. KOPAJA dijual dengan target pasar instansi pendidikan. Tim pengembang KOPAJA membuat strategi pemasaran dengan memberikan fasilitas tambahan dan belajar pajak gratis. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem informasi pembelajaran pajak sebagai apresiasi untuk konsumen KOPAJA dan media pembelajaran pajak gratis untuk semua pengguna sistem atau disebut dengan member. Sistem informasi ini dapat memudahkan member mengakses semua materi perpajakan dan berlatih soal-soal perhitungan pajak. Metode pengembangan sistem pada penelitian ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu tahap analisis, perancangan, implementasi dan pengujian. Perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML) pada use case diagram dan activity diagram. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, JavaScript dan jQuery dengan framework Laravel, sedangkan untuk yang basis data menggunakan MySQL. Metode pengujian untuk sistem ini menggunakan kuesioner dengan google form yang disebarkan ke target pengguna sistem ini yaitu mahasiswa dan pelajar SMA/SMK. Dari hasil pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi pembelajaran pajak KOPAJA telah berhasil dibangun untuk memudahkan member belajar perpajakan sebagai bentuk apresiasi untuk konsumen KOPAJA dan semua fungsi pada sistem dapat berfungsi dengan baik serta sistem informasi ini sudah layak digunakan.

Three students form the UGM Vocational School made educational teaching aids called KOPAJA or Kompas Pajak Ajaib to help learn tax calculations. KOPAJA is sold to the target market of educational institutions. The KOPAJA development team created a marketing strategy by providing additional facilities and free tax learning. Therefore, a tax learning information system is needed as an appreciation for KOPAJA consumers and a free tax learning media for all system users or referred to as members. This information system can make it easier for members to access all taxation material and practice tax calculation questions. The system development method in this study was carried out in four stages, namely the analysis, design, implementation and testing stages. The system design uses the Unified Modeling Language (UML) in use case diagrams and activity diagrams. The programming languages used are PHP, JavaScript and jQuery with the Laravel framework, while the database uses MySQL. The test method for this system uses a questionnaire with a google form which is distributed to target users of this system, namely high school / vocational high school students and students. From the results, it can be shown that the KOPAJA tax learning information system has been successfully built to make it easier for members to learn taxation as a form of appreciation for KOPAJA consumers and all functions in the system can function properly and the information system is suitable for use.

Kata Kunci : Sistem pembelajaran, E-learning, Perpajakan, Member, Laravel

  1. D3-2020-416341-abstract.pdf  
  2. D3-2020-416341-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-416341-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-416341-title.pdf