Pengaruh Metode Message Framing terhadap Sikap Wanita Usia Subur (WUS) dalam Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA)
WIDYA CHOIRUNNISA R, dr. Tridjoko Hadianto., DTM&H., M.Kes
2020 | Tugas Akhir | D4 BIDAN PENDIDIK SVABSTRAK Kanker serviks adalah salah satu penyebab kematian tertinggi pada wanita di Indonesia. Salah satu deteksi dini yang mudah dilakukan adalah pemeriksaan IVA. Cakupan WUS dalam pemeriksaan IVA di Puskesmas Kasihan 2 hanya 0,44% atau 34 jiwa dari total keseluruhan WUS di wilayah tersebut yaitu 7.796 jiwa. Pemeriksaan IVA dipengaruhi oleh sikap wanita usia subur (WUS). Sikap adalah pernyataan evaluatif, menyenangkan atau tidak terhadap objek. Faktor emosional, motivasi, dukungan sosial, pengalaman pribadi, pengaruh kebudayaan, lembaga pendidikan dan agama, ketidaktahuan, rasa malu, rasa takut serta informasi kesehatan mempengaruhi sikap WUS. Informasi kesehatan dapat diperoleh WUS melalui metode message framing, yaitu penyampaian pesan secara pesuasif untuk meningkatkan sikap WUS dalam pemeriksaan IVA Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode message framing terhadap sikap WUS dalam pemeriksaan IVA. Desain penelitian ini adalah quasi experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah WUS di Padukuhan Mrisi dan Sumberan. Total 34 responden dan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan pemberian pesan dengan metode message framing selama 10 hari (5 hari gain framing, 5 hari loss framing) dan kelompok kontrol dengan pemberian video dan poster tentang IVA. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney. Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen diketahui nilai p = 0,005 artinya terdapat perbedaan hasil secara signifikan pada sikap WUS sebelum dan sesudah diberikan metode message framing, dan nilai p = 0,512 artinya tidak terdapat perbedaan hasil secara signifikan pada sikap WUS sebelum dan sesudah diberikan informasi melalui video dan poster, serta tidak terdapat perbedaan selisih hasil yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah diberikannya intervensi (p value = 0,579).
ABSTRACT Cervical cancer is one of the highest causes of death in women in Indonesia. One of the cheap early detection of cervical cancer is VIA examination. The coverage of FAW in VIA examination at Puskesmas Kasihan 2 was only 0.44% or 34 people of the total FAW in the area, namely 7,796 people. It is built by the attitude of Fertile Age Woman (FAW). Attitude is an evaluative statement, whether it is pleasant or not about the object.. Emotional factor, motivation, social support, personal experiences, cultural influences, educational and religious institutions, ignorance, shame, fear and health informations are affect the attitude of FAW. Health informations can be obtained by FAW through the message framing method, namely the delivery of messages in a specific manner to improve the attitudes of women in the VIA examination. The purpose of this study is to determine the effect of the message framing method on the attitude of FAW towards VIA examination at Puskesmas Kasihan 2, Bantul. The population in this study were FAW in Padukuhan Mrisi and Sumberan. A total of 34 respondents were divided into 2 groups, the experimental group by giving messages with the message framing method for 10 days (gain framing in 5 days, loss framing in 5 days) and the control group with giving video and poster about VIA. This research is a quasi experimental study with a pretest-posttest control group design. Data analysis was performed using the Wilcoxon test and the Mann Whitney test. The results of the Wilcoxon Test showed the value of p = 0.005 in the experimental group means that there were significant differences in the results of the FAW attitude after the message framing method was given, and the value of p = 0,512 means there was no significant difference in the results in the FAW attitude after being given information via video and poster, and there is no significant difference between the experimental group and the control group after the intervention (p value = 0.579).
Kata Kunci : Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), Message Framing, Sikap