Laporkan Masalah

MAN VS SOCIETY: CAPTAIN MACWHIRR VS SOCIETY IN JOSEPH CONRAD'S 'TYPHOON'

LOLITA SARAS, Drs. Muh. Arif Rokhman, M.Hum. Ph.D

2020 | Skripsi | S1 SASTRA INGGRIS

Skripsi ini membahas mengenai pemikiran konflik manusia melawan masyarakat dalam karya Joseph Conrad yang berjudul Typhoon. Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengungkap pemikiran penulis dalam berkonflik melawan masyarakat dan dua kubu karakter yang menghadirkan konflik persepsi serta perilaku. Konflik manusia melawan masyarakat diwujudkan melalui interaksi Kapten MacWhirr yang merepresentasikan manusia/individu, dengan awak kapal, para penumpang Cina, dan keluarga MacWhirr sendiri sebagai bagian dari masyarakat. Pembahasan ini mengkaitkan pemikiran Joseph Conrad dalam berkonflik dengan masyarakat dengan latar belakang dominasi kekuatan Eropa, trauma masa lalu penulis di bawah penindasan kekuasaan Rusia, dan realisasi nilai-nilai Conrad dalam Modernisme sastra dalam tulisannya melalui konflik dan karakter yang ada pada karya Typhoon. Hasil pembahasan skripsi ini menemukan aspek-aspek yaitu etika kerja dan kemampuan sosial dari kubu yang saling berkontradiksi; sentiment kolonisasi dunia barat; dan kurangnya ikatan emosi dalam keluarga MacWhirr, yang berkontribusi dalam penentuan sikap para karakter.

This graduating paper discusses Joseph Conrad's man versus society conflict in his work Typhoon, which aims to reveal its author's thought in conflicting against society and conflicting perspective and attitude of two opposing side of characters. The man against the society conflict is depicted through interaction of Captain MacWhirr character, representing the man and steamship crew, Chinese passengers, and MacWhirr's family as society. The discussion connects Joseph Conrad's thoughts in conflicting against society with background of European domination power, his childhood trauma under the Tsarist oppression, and realization of modernism values in his writings by conflicts and characters on Typhoon. The opposing sides contradicting work ethics and social skills; western world colonization sentiment; and emotional detachment between families are the main aspects contributing to their attitudes as the findings.

Kata Kunci : Kata kunci: konflik manusia vs masyarakat, konflik perspektif, dua kubu berbeda, Joseph Conrad, Typhoon. Keywords: man vs society conflict, conflicting perspective, two opposing sides, Joseph Conrad, Typhoon

  1. S1-2020-353330-abstract.pdf  
  2. S1-2020-353330-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-353330-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-353330-title.pdf