Laporkan Masalah

Pengurusan Surat Dengan Aplikasi Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE) Di Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

OETARI NUR PERMADI, Faizatush Sholikhah, M.A.

2020 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPAN

Tugas Akhir ini memiliki judul "Pengurusan Surat Dengan Aplikasi Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE) di Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia". Tugas akhir ini memiliki tujuan yaitu mengetahui proses pengurusan surat menggunakan aplikasi SINDE, mengetahui sarana dan prasarana yang digunakan dalam pengurusan surat serta mengetahui kendala yang dihadapi dalam pengaplikasian SINDE. Metode Penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, observasi partisipatif, dan wawancara. Studi pustaka merupakan kegiatan menggunakan literatur atau catatan yang didapatkan dari buku, regulasi hukum, dan laman web. Observasi partisipatif yakni kegiatan yang mengikutsertakan secara langsung di Bidang Pengembangan dan Penulisan Buku dan Subbagian Tata Usaha Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Wawancara dilakukan tanya jawab dengan pegawai Subbagian Tata Usaha dan Bidang Pengembangan dan Penulisan Buku. Kesimpulan tugas akhir ini adalah arsip yang disimpan di Pusat Kurikulum dan Perbukuan berupa arsip korespondensi. Proses pengurusan surat dengan aplikasi SINDE adalah membuka aplikasi (login), surat masuk, surat keluar, dan penemuan kembali. Kelebihan dari aplikasi ini dapat digunakan dengan perangkat bergerak seperti handphone. Sarana dan prasarana didukung oleh sumber daya pendukung (perangkat keras, perangkat lunak, dan koneksi internet) dan sumber daya manusia. Kendala yang dihadapi dalam implementasi aplikasi SINDE adalah jaringan server atau koneksi internet, penerapan tanda tangan elektronik, petunjuk teknis, dan sumber daya manusia arsiparis.

This final paper is titled "Mail Handling with Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE) Application in Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia". This study aims to describe the mail handling process using SINDE application, the provided features in mail handling, and the difficulties in operating the SINDE application. Moreover, this final paper uses library study, participatory observation, and interviews as the research methods. Library study is a research method using literature or summaries obtained from any books, law regulations, and websites. Then, participatory observation is a research method where the writer is directly involved in the Bidang Pengembangan dan Penulisan Buku dan Subbagian Tata Usaha Pusat Kurikulum dan Perbukuan. At the same time, the interview was carried out through questions and answers activity towards the Subbagian Tata Usaha dan Bidang Pengembangan dan Penulisan Buku staff. From this final paper, it can be concluded that the stored archive in the Pusat Kurikulum dan Perbukuan is a correspondence archive. The mail handling process using the SINDE application is by opening the application (login), incoming mail, outgoing mail, and rediscovery. The advantage of this application is it can be accessed with mobile phones. The features are supported by supporting resources (hardware, software, and internet connection) and human resources. Also, there are several encountered problems in operating the SINDE application. The issues are unstable connection, digital signature service, technical instructions, and archivists.

Kata Kunci : Pengurusan Surat, Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE) / Mail Handling, Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE)

  1. D3-2020-415558-abstract.pdf  
  2. D3-2020-415558-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-415558-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-415558-title.pdf