Laporkan Masalah

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengadopsian Platform E-commerce Shopee oleh UMKM Indonesia

NOVIA RAHMA S, Sumiyana, Dr., Msi., Ak., CA.

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Perkembangan teknologi telah menyasar ke berbagai kalangan, termasuk di kalangan pengusaha menengah kecil dan mikro atau UMKM. Saat ini UMKM terus didorong oleh pemerintah untuk masuk ke area perdagangan elektronik agar dapat bersaing secara lebih global. Platform e-commerce memiliki potensi yang baik di Indonesia seiring dengan bertambahnya pengetahuan teknologi oleh masyarakat. Selain itu, secara alternatif, solusi transaksi ini terhitung lebih efisien daripada opsi yang lebih tradisional. Di antara banyak platform e-commerce, Shopee menjadi salah satu alternatif yang terbilang cukup sukses menarik pengadopsi dari Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi pengaruh positif konstruk model Technology-Organization-Environment Framework (TOE) terhadap fenomena pengadopsian sebuah teknologi baru oleh UMKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dari data primer yang didapat dari penyebaran kuesioner dengan menggunakan google form kepada 273 pengguna aktif di Indonesia, dan diambil sampel sebesar 240 dengan metode purposive sampling. Data primer diolah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan mengunakan IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Relative Advantage, Technological Competance, dan Customer Pressure memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap niat pengadopsian Platform E- commerce Shopee di Indonesia, sedangkan Compatibility, Top Management Support, dan Competitor Pressure tidak memiliki pengaruh yang signifikan

Technological developments have targeted various groups, including small micro and medium entreprises or SMEs. At present, the SMEs continue to be encouraged by the government to enter the electronic trading area in order to compete more globally. The e-commerce platform has good potential in Indonesia along with the increase in technological knowledge by the society. In addition, alternatively, this transaction solution is more efficient than more traditional options. Among many of e-commerce platforms, Shopee is quite successful in attracting adopters from Indonesia. This study aims to examine the correlation between the positive influence of the Technology-Organization-Environment Framework (TOE) construct on the phenomenon of the adoption of a new technology by SMEs. This study uses quantitative research methods from primary data obtained from the distribution of questionnaires using Google forms to 273 active users in Indonesia and taken a sample of 240 with a purposive sampling method. Primary data were processed using multiple linear regression analysis using IBM SPSS version 22. The results of this study indicate that the variables of Relative Advantage, Technological Competence, and Customer Pressure have a significant positive effect on the intention to adopt the Shopee E-commerce Platform in Indonesia, while Compatibility, Top Management Support and Competitor Pressure do not have a significant effect.

Kata Kunci : Electronic Commerce, Platform E-commerce, Shopee, Culture, Accounting System

  1. S1-2020-397058-abstract.pdf  
  2. S1-2020-397058-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-397058-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-397058-title.pdf