Laporkan Masalah

Evaluasi Sistem dan Prosedur Penggajian Karyawan pada Perusahaan Start-up di Yogyakarta (Studi Kasus PT Widya Inovasi Indonesia)

SALMA WIDAYANTI S, Dina Natasari, S.E., M.Si., Ak., CA

2020 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Salah satu motivasi karyawan dalam bekerja adalah gaji. Gaji sangat mempengaruhi kinerja karyawan. Dalam hal ini diperlukan SOP (standar operasional prosedur) tertulis untuk mengatur segala aktivitas penggajian untuk meminimalisir potensi timbulnya permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi dalam memperbaiki sistem penggajian PT Widya Inovasi Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari website entitas. Rekomendasi yang diberikan melalui pemaparan analisis dan pembahasan permasalahan yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah sistem penggajian sudah cukup baik. Berdasarkan uji pengendalian dengan komponen COSO, PT Widya Inovasi Indonesia perlu meningkatkan pengawasan untuk lebih memperhatikan fungsi otorisasi dan dokumen terkait. Ditunjukkan sebagai alat untuk meminimalisir timbulnya kesalahan dan kecurangan. Agar tujuan perusahaan dalam menyejahterakan karyawannya tercapai.

One motivation of employees in working is salary. The salary greatly affects employee performance. In this case, a written SOP (standard operating procedure) is needed to regulate all payroll activities to minimize the potential for problems to arise. This study aims to provide recommendations for improving the payroll system of PT Widya Inovasi Indonesia. This research uses descriptive qualitative method using primary and secondary data. Primary data were obtained from interviews and observations, while secondary data were obtained from the entity's website. Recommendations are given through the presentation of analysis and discussion of existing problems. The results of this study are the payroll system is good enough. Based on the control test with the COSO component, PT Widya Inovasi Indonesia needs to increase supervision to pay more attention to the authorization function and related documents. Shown as a tool to minimize errors and fraud. So that the company's goals in the welfare of its employees are achieved

Kata Kunci : Perusahaan Start-up, gaji, standar operasional prosedur, flowchart, pengendalian internal

  1. D3-2020-416129-abstract.pdf  
  2. D3-2020-416129-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-416129-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-416129-title.pdf