Laporkan Masalah

iBagdrop : Aplikasi Monitoring Dropping Pada Divisi Treasury dan Cash Management PT Indonesia Comnets Plus Berbasis Website

PINTASARI NUGRAHENI, Imam Fahrurrozi, S.T.,M.Cs.

2020 | Tugas Akhir | D3 Komputer dan Sistem Informasi

Sebagai anak perusahaan PT PLN (Persero), PT Indonesia Comnets Plus atau yang lebih dikenal dengan sebutan ICON+, memiliki 9 kantor cabang yang disebut dengan SBU Regional yang tersebar di wilayah Indonesia. Tidak sedikit data dari SBU tersebut yang harus diolah, kemudian dibuat laporan yang nantinya akan diserahkan ke manajer masing-masing divisi. Divisi Treasury dan Cash Management ICON+ Pusat saat ini masih menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk merekap data dan membuat laporan. Data dari SBU tersebut saat ini juga belum terpusat. Dengan data yang begitu banyak, untuk membuat satu laporan bisa menghabiskan waktu hanya untuk mencari data yang tepat. Oleh karena itu, Manajer Divisi Treasury dan Cash Management ICON+ Pusat berkeinginan membuat sebuah sistem informasi untuk mengelola dan menyimpan data dropping sehingga mempermudah proses pendataan yang kemudian disebut dengan iBagdrop : Aplikasi Monitoring Dropping. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Hypertext Preprocessor (PHP) dengan framework Laravel dan MySQL untuk basis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iBagdrop : Aplikasi Monitoring Dropping ini mampu mengelola data permohonan dropping dengan baik, dilengkapi dengan fitur pengelolaan data akun, pengelolaan data realisasi dropping, serta laporan realisasi SBU. Penilaian oleh calon pengguna menunjukkan bahwa aplikasi ini layak untuk digunakan.

As a subsidiary of PT PLN (Persero), PT Indonesia Comnets Plus or better known as ICON+, has 9 branch offices called Regional SBU spread throughout Indonesia. Not a bit of data from the Regional SBU that must be processed, then a report will be made which will be submitted to the manager of each division. ICON+ Central Division Treasury and Cash Management currently still use the Microsoft Excel application to recap data and make reports. Data from SBU is also currently not centralized. With so much data, to make a report can spend time just to find the right data. Therefore, Manager of ICON+ Central Division Treasury and Cash Management intend to create an information system to manage and store dropping data so as to facilitate the data collection process which was called iBagdrop : Dropping Monitoring Application. This Application was built using the Hypertext Preprocessor (PHP) programming language with Laravel framework and MySQL as database. The result of this research shows that iBagdrop : Dropping Monitoring Application is able to manage dropping request data properly, equipped with the account management feature, dropping realization data management, and SBU realization reports. This assessment was given by user candidate concluded that this application is suitable for use.

Kata Kunci : Keuangan, Pemantauan, Laravel, PHP, MySQL

  1. D3-2020-416361-abstract.pdf  
  2. D3-2020-416361-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-416361-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-416361-title.pdf