Laporkan Masalah

ANALISIS PROSES PENYUSUNAN PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE LEAN GOVERNMENT

ANNISA NURUL FADHILA, Rumiyati, S.E., M.Sc., CMA., CAPM., CAPF.

2020 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Perencanaan dan penganggaran merupakan kegiatan panjang yang harus dilalui sebagai pedoman suatu instansi dalam menjalankan tugasnya selama satu tahun mendatang. Waktu panjang yang dibutuhkan untuk menyusun perencanaan dan penganggaran tidak menutup kemungkinan adanya pemborosan (waste). Identifikasi pemborosan dalam perencanaan dan penganggaran dapat dilakukan dengan metode lean government dengan alat bantu process walk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan adanya pemborosan berupa defect, overproduction, dan waiting pada sub bidang Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan (PEP). Pemborosan tersebut terjadi karena adanya pengulangan proses kegiatan perencanaan dan penganggaran pada setiap bidang sehingga diperlukannya adanya koordinasi yang lebih tepat dari kepala dinas dan sub bidang PEP bersama setiap bidang dalam merencanakan program kegiatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta.

Planning and budgeting is a long activities that must to do for guidance each agency in running the jobs for a year. Its long time need to prepare a planning and budgeting does not rule out the possibility of waste. Identification of waste in this planning and budgeting is doing with lean government method with its tool is the process walk. This research is used with qualitative method and technique observation, interview, and documentation. The result show that there are waste such as defect, overproduction, and waiting in the sub-section PEP (Planning, Evaluation, and Reporting). The waste occurs because of the repetition on the process planning in each sections so suggestion was taken to the Department of Industry and Commerce City Of Yogyakarta to more coordinate in the process making planning and budgeting.

Kata Kunci : Perencanaan dan penganggaran, lean government, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta

  1. D3-2020-416075-abstract.pdf  
  2. D3-2020-416075-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-416075-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-416075-title.pdf