The Most Effective Marketing Strategy for B2B Company
FEBTITANIA DWI M, Laurence Patoux
2020 | Skripsi | S1 MANAJEMENJudul Strategi Pemasaran Paling Efektif untuk Perusahaan Bisnis-ke-Bisnis Tujuan Selama masa magang, saya diharuskan memiliki laporan akhir magang untuk penggantian tesis. Untuk laporan tersebut, saya melakukan penelitian untuk mengamati strategi pemasaran paling efektif untuk perusahaan B2B. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu tim pemasaran mencapai tujuan tahunan mereka untuk memperoleh minimal 60 pelanggan per tahun. Oleh karena itu, mereka membutuhkan strategi pemasaran yang efektif untuk mempertahankan pelanggan yang loyal serta untuk mendapatkan pelanggan baru. Metodologi Dalam melakukan penelitian ini, saya menggunakan dua jenis metodologi, yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif digunakan melalui kuesioner online, Google Form, didistribusikan ke pelanggan yang sudah ada dan saat ini perusahaan dan metode kualitatif dilakukan dengan wawancara langsung dengan pelanggan. Temuan Temuan menemukan bahwa faktor paling penting bagi pelanggan sebelum membeli unit penambangan atau konstruksi adalah harga, kualitas, dan layanan purna jual (ASS). Karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk menjelaskan kualitas harga unit kepada pelanggan; manfaat dan hak istimewa yang diperoleh pelanggan dengan membeli unit serta mempertahankan ASS untuk mempertahankan pelanggan setia. Saya menyarankan perusahaan untuk membuat program loyalitas bagi pelanggan atau manfaat khusus yang diberikan kepada mereka untuk meningkatkan niat atau motivasi mereka dalam membeli kembali unit dari perusahaan. Hambatan Penelitian Keterbatasan penelitian ini adalah terbatasnya jumlah responden yang memberikan jawaban atau umpan balik untuk kuesioner online; Oleh karena itu, perlu sedikit lebih banyak waktu untuk mengumpulkan dan memproses data. Selain itu, karena sebagian besar pelanggan bekerja di lokasi penambangan, sangat sulit untuk mengatur waktu untuk mewawancarai mereka karena mereka sering tidak berada di kantor Jakarta.
Title The Most Effective Marketing Strategy for B2B Company Purpose During the internship period, I was required to have an internship final report for thesis replacement. For that report, I did a research to observe the most effective marketing strategy for B2B companies. The purpose of this research is to help the marketing team to achieve their annual goal to acquire a minimum of 60 customers per year. Therefore, they need an effective marketing strategy to keep loyal customer as well as to gain new ones. Methodology In doing this research, I used two kinds of methodologies, which are quantitative and qualitative approach. The quantitative method was used through an online questionnaire, Google Form, distributed to the company�s past and current customers and the qualitative method was done by a direct interview with the customers. Findings The findings discover that the most important factors for the customers before buying a mining or construction unit are the price, quality, and after-sales service (ASS). Therefore, it is crucial for the company to explain the price-quality of the unit to the customers; benefits and privileges that the customers gain by buying the unit as well as maintain the ASS to keep the loyal customers. I suggested the company to make a loyalty program for the customers or any special benefits given to them to increase their intention or motivation in repurchasing the unit from the company. Research Limitations The limitation of this research is the limited number of respondents that give answers or feedback for the online questionnaire; therefore, it needs a little more time to gather and process the data. Moreover, as most of the customers work at the mining site, it is really hard to set a time to interview them as they often not in the Jakarta office.
Kata Kunci : marketing strategy, B2B, loyal customer, mining and construction, after-sales service, a loyalty program