Laporkan Masalah

PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA ENTITAS NON-LABA BAGIKATA BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTANBILITAS PUBLIK (SAK ETAP)

TAMARA KHAIRUNNISA, Rizky Wulandari, SE., M.Acc., CFrA

2020 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Entitas berorientasi non laba merupakan sebuah istilah baru untuk menggambarkan entitas yang tidak memiliki tujuan memupuk laba, jika terjadi pendapatan laba atas kegiatan operasi yang dijalankan maka laba tersebut tidak menjadi hak dari pemilik entitas. Karakteristik khusus yang dimiliki entitas ini terletak pada cara entitas memperoleh sumber daya, karena pemberi sumber daya tidak mengharapkan adanya timbal balik nilai ekonomis sebanding. Istilah baru ini berasal dari ketentuan akuntansi yang baru diterbitkan di bulan Januari 2020 ISAK (Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan) 35 yang mengatur ketentuan penyajian laporan keuangan untuk entitas berorientasi nonlaba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi aktivitas yang dilakukan oleh Bagikata selaku entitas berorientasi non laba dalam menjalankan pengelolaan dan pelaporan keuangan dan melakukan penyusunan laporan keuangan berdasarkan aturan SAK ETAP dan ISAK 35 pada Bagikata untuk periode per 31 Desember 2019. Teknik analisis data dilakukan dengan desain eksplorasi dan deskriptif kualitatif. Analisis data dimulai dengan mempelajari dan memahami ketentuan SAK ETAP dan ISAK 35 dalam mengatur penyusunan dan penyajian laporan keuangan entitas non laba, kemudian melakukan penilaian atas pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan yang dilakukan oleh Bagikata yang didasari oleh SAK ETAP dan ISAK 35. Setelah melakukan penilaian, langkah selanjutnya adalah melakukan penyusunan laporan keuangan pada Bagikata untuk data keuangan tahun 2019 dengan acuan SAK ETAP dan penyajian laporan keuangan berdasarkan ISAK 35. Dalam hal ini, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi entitas untuk melakukan penyusunan di periode berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian selama ini pelaporan yang dibuat Bagikata hanya laporan arus kas sederhana dari setiap kegiatan luring yang dilakukan di setiap tahunnya.

Not For Profit Entity is a new form of reviewing entities that do not have the purpose of fostering profits if related to profits derived from operating activities carried out then the profits generated are not the right of the owner of the entity. The special characteristics possessed by this entity lie above the way the entity obtains resources because the source of the aid provider does not question the reciprocity of comparable economic value. The new requirements were issued in the new accounting provisions issued in January 2020 ISAK (Interpretation of Financial Accounting Standards) 35 issued by the guarantor of financial statements for non-profit oriented entities. The purpose of this study is to research conducted by Bagikata as a profit-oriented entity and manage finances and conduct financial reporting based on the rules of SAK ETAP and ISAK 35 on Bagikata for the period as of December 31, 2019. Data analysis techniques were carried out with exploratory and qualitative descriptive designs. SAK ETAP and ISAK 35 in the financial statements begin with the approval and presentation of the financial statements of non-profit entities, then carried out on the basis of financial and financial reporting conducted by Bagikata based on SAK ETAP and ISAK 35. After updating, the next step is to do the reporting financial for Bagikata for 2019 financial data with SAK ETAP reference and presentation of financial statements based on ISAK 35. In this case, it is hoped that this research can be used to obtain references for conducting research in the next period. Based on the results of the study so far the reports made by Bagikata are only simple cash flow reports from each engaging activity carried out in each semester.

Kata Kunci : Entitas Non Laba, ISAK 35, SAK ETAP, Akuntansi

  1. D3-2020-410748-abstract.pdf  
  2. D3-2020-410748-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-410748-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-410748-title.pdf