Laporkan Masalah

KOSMETIK TABIR SURYA DAN ALASAN PEMILIHAN PRODUK YANG DIGUNAKAN MAHASISWA KLASTER KESEHATAN UNIVERSITAS GADJAH MADA

ARYO BIMO BAYU AJI, Dr. apt. Abdul Karim Zulkarnain, M.Si. ; apt. Septimawanto Dwi Prasetyo, M.Si.

2020 | Skripsi | S1 FARMASI

Mahasiswa memiliki mobilitas yang tinggi dan sering terpapar sinar matahari. Mahasiswa sebagai konsumen memiliki pilihan tabir surya yang berbeda-beda mengingat banyaknya produk dari bebrapa industri kosmetik di Indonesia maupun impor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk tabir surya yang digunakan mahasiswa Klaster Kesehatan Universitas Gadjah Mada serta mengetahui alasan pemilihan produk tabir surya. Peneliti melakukan survei dengan kuesioner kepada mahasiswa Klaster Kesehatan Universitas Gadjah Mada untuk mendapatkan sepuluh besar produk tabir surya yang digunakan kemudian alasan pemilihan produk tabir surya dikategorikan berdasarkan faktor sifat fisik dan faktor lingkungan. Responden berjumlah 160, berasal dari Mahasiswa Klaster Kesehatan Universitas Gadjah Mada. Didapatkan sepuluh besar produk tabir surya yaitu A (26,87%) diikuti oleh B dan C dengan 25,63% dan 24,37%. Selanjutnya D (23,13%), E (20,63%), F (8,75%), G (8,75%), H (7,5%), I (6,25%), J (5%). Alasan yang memengaruhi mahasiswa memilih produk tabir surya terdiri dari faktor lingkungan dan sifat fisik sediaan. Sebagian besar alasan dikarenakan sifat fisik sediaan, maka diartikan bahwa sifat fisik berpengaruh penting dalam kenyamanan responden serta dalam pembuatan suatu produk tabir surya. Komposisi yang terkandung dalam produk tabir surya memiliki fungsi yang berpengaruh terhadap sifat fisik sediaan. Perlu dilakukan penelitian uji sifat fisik di laboratorium untuk mengetahui nilai sifat fisik dari produk tabir surya agar nilai tersebut menjadi patokan industri dalam memproduksi tabir surya yang menargetkan pasar di kalangan mahasiswa. Kuesioner dapat digunakan untuk populasi yang lebih luas lagi selain klaster kesehatan Universitas Gadjah Mada serta dapat digunakan untuk produk kosmetik yang lain agar dapat digeneralisasi.

Students have high mobility and frequently exposed to sunlight. Students as consumers have different choice of sunscreens, due to the many product from several cosmetics industries in Indonesia and import. This study discusses to know the sunscreen products used by Gadjah Mada University Health Cluster students and to find out the reasons for choosing a sunscreen product. Researcher conducted a survey with a questionnaire to the University of Gadjah Mada University Health Cluster students to get top ten sunscreen products that were used then the reason for selecting sunscreen products was categorized based on physical properties and environmental factors. There were 160 respondents, who came from the Health Cluster Students at Gadjah Mada University. Top ten sunscreen products, namely A (26,87%) were received by B and C with 25,63% and 24,37%. Furthermore, D (23,13%), E (20.63%), F (8,75%), G (8,75%), H (7,5%), I (6,25 %), J (5%). Reasons that influence students to choose sunscreen products consist of environmental factors and physical properties of the sunscreens. Most of the reasons is due to of the physical properties from sunscreen, the physical properties are important in the comfort of the respondent as well as in the manufacture of sunscreen products. The composition contained in sunscreen products has a function that is against the physical properties of the sunscreen. It is necessary to conduct research on physical properties testing in the laboratory to determine the value of the physical properties of sunscreen products so that these values become an industry benchmark in producing sunscreens that produce a market among students. The questionnaire can be used to more expansive participants besides the health cluster of Gadjah Mada University and can be used to generalizable cosmetic products.

Kata Kunci : tabir surya, mahasiswa, alasan pemilihan, sifat fisik.

  1. S1-2020-397234-abstract.pdf  
  2. S1-2020-397234-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-397234-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-397234-title.pdf