Laporkan Masalah

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensi Pengadopsian Gojek PayLater Menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) dan Trust

MAURA FINESSA WINAYO, Gunawan Wibisono, S.E., M.Acc., CA.

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Perkembangan teknologi membawa perubahan ke berbagai sektor, termasuk sektor jasa keuangan. Hal ini salah satunya ditandai dengan munculnya layanan keuangan Peer-to-Peer Lending (P2P) Lending. Di Indonesia, populasi yang tidak memiliki akses ke layanan kredit terbilang cukup tinggi sehingga P2P Lending memiliki potensi pasar yang besar untuk berkembang. Salah satu jenis P2P Lending yang telah hadir di Indonesia adalah Gojek PayLater. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah faktor-faktor yang mempengaruhi intensi pengadopsian Gojek PayLater. Model penelitian yang digunakan adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) yang dimodifikasi dengan variabel Trust. Data yang digunakan dalam peneltian ini diambil dengan metode purposive sampling dan berhasil terkumpul sebanyak 170 sampel. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Performance Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, dan Price Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi pengadopsian Gojek PayLater. Variabel Effort Expectancy berpengaruh negatif dan signifikan terhadap intensi pengadopsian Gojek PayLater sementara Trust tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, gender ditemukan memperkuat hubungan antara Price Value dan intensi pengadopsian Gojek PayLater sementara variabel moderasi lainnya ditemukan tidak memiliki pengaruh signifikan dalam hubungan antarvariabel.

The technology has been growing rapidly and changing the face of financial services sector. Peer-to-Peer (P2P) Lending is one of the technological innovation in the field of financial services. The population who has formal credit access in Indonesia is still low which rises the opportunity of P2P Lending to provide credit access for underserved individuals. One of the P2P Lending providers that is available in Indonesia is Gojek PayLater. This study aims to examine the factors that influence Behavioral Intention to adopt Gojek PayLater. This research used Unified Theory of Acceptance and Usage of Technology (UTAUT2) as theoretical framework and modified the model with Trust. The data was obtained with purposive sampling technique and received 170 eligible responses. The data gathered was analyzed using SEM-PLS. This study confirmed that Performance Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, and Price Value positively influence Gojek PayLater Behavioral Intention. It is also revealed that Effort Expectancy negatively influences Behavioral Intention while Trust does not significantly influence Behavioral Intention. In addition, gender is found to have moderating effect between Price Value and Behavioral Intention while other moderating variables do not show any significant effect between interaction of dependent and independent variables.

Kata Kunci : Gojek PayLater, P2P Lending, UTAUT2, Trust, Sistem Informasi, Fintech

  1. S1-2020-397046-abstract.pdf  
  2. S1-2020-397046-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-397046-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-397046-title.pdf