The Effect of Financial Literacy and Socio Demographic Factors towards Saving Behavior of Economics and Business Students: Empirical Evidence from Indonesian College Students
ZEFANYA NADYA UTOMO, Adriana Breaban
2020 | Skripsi | S1 MANAJEMENTujuan Selama periode double degree, saya diminta untuk menulis tesis. Saya melakukan penelitian untuk mengamati pengaruh literasi keuangan dan faktor sosial-demografis terhadap perilaku penyelamatan ekonomi dan mahasiswa bisnis. Usulan dari makalah ini adalah untuk menentukan faktor-faktor sosio demografis yang mempengaruhi perilaku menabung siswa. Untuk menguji hubungan, makalah ini menggunakan regresi logistik dan uji chi-square. Penelitian ini menemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tabungan dan tahun studi (semester), departemen, total pendapatan, pengaturan hidup (apakah siswa tinggal bersama orang tua mereka atau tidak) dan usia. Ketika mengendalikan sumber pendapatan, variabel pengaturan hidup menjadi tidak signifikan, tetapi variabel lain menghasilkan hasil yang sama. Selain itu, makalah ini juga menguji variabel sosio demografis dan literasi keuangan terhadap persentase tabungan siswa menggunakan uji chi-square. Hasilnya menunjukkan bahwa total pendapatan dan literasi keuangan menentukan persentase tabungan siswa. Metodologi Dalam melakukan penelitian ini, saya menggunakan dua jenis metodologi, yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif digunakan melalui kuesioner online. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa di kelas reguler dan internasional dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia dengan kriteria responden yang dituju adalah: siswa aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Gadjah Universitas Mada, Yogyakarta dengan perkiraan usia, berkisar antara 17 hingga 25 tahun. Temuan Penelitian ini menemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tabungan dan tahun studi (semester), departemen, total pendapatan, pengaturan hidup (apakah siswa tinggal bersama orang tua mereka atau tidak) dan usia. Ketika mengendalikan sumber pendapatan, variabel pengaturan hidup menjadi tidak signifikan, tetapi variabel lain menghasilkan hasil yang sama. Keterbatasan Penelitian Ada beberapa keterbatasan dalam penelitian ini. Pertama, ukuran sampel terlalu kecil untuk membuat generalisasi tentang perilaku menabung, melek finansial dan perilaku demografis. Penelitian ini hanya fokus pada ruang lingkup yang lebih kecil dari mahasiswa ekonomi di universitas tertentu. Penulis juga percaya bahwa pertanyaan untuk tingkat literasi keuangan yang sebenarnya harus diperluas. Beberapa responden juga berpendapat bahwa pertanyaan itu terlalu sulit, terutama bagi mahasiswa baru yang kurang memahami keuangan. Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa tidak ada hubungan antara literasi keuangan aktual dan tabungan. Survei ini juga dilakukan dengan menggunakan formulir survei online, di mana ada banyak responden yang mengisi survei dengan sembarangan. Kata kunci: literasi keuangan, sosiodemografi, perilaku menabung, ekonomi dan mahasiswa bisnis.
Purpose During the double degree period, I was required to write a thesis. For the thesis, I did a research to observe the effect of financial literacy and socio demographic factor towards saving behaviour of the economics and business students. The proposes of this paper is to determine which socio demographic factors that influence the saving behavior of students. To test the relationship, this paper uses logistic regression and chi-square test. This research finds that there are significant relationship between saving and years of study (semester), department, total income, living arrangement (whether the students live with their parents or not) and age. When controlling for source of income, the living arrangement variable become insignificant, but the other variables yield the same result. Moreover, this paper also test the socio demographic variables and financial literacy against students percentage of saving using chi-square test. The result shows that total income and financial literacy determine students saving percentage. Methodology In doing this research, I used two kinds of methodologies, which are quantitative and qualitative approach. The quantitative method was used through an online questionnaire. Population of the study are students in the regular and international class of the Faculty of Economics and Business at the University of Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia with the criteria of the intended respondents is: an active student at the Faculty of Economics and Business, Gadjah Mada University, Yogyakarta with the estimated age, ranges from 17 up to 25 years. Findings This research finds that there are significant relationship between saving and years of study (semester), department, total income, living arrangement (whether the students live with their parents or not) and age. When controlling for source of income, the living arrangement variable become insignificant, but the other variables yield the same result. Research Limitations There are several limitations of this research. First, the sample size is too small to make generalizations about saving behavior, financial literacy and demographic behavior. This research only focus on the smaller scope of the economics students in a specific university. The author also believes that the question for the actual financial literacy level should be extended. Some respondents also thinks that the question is too hard, mainly for freshmen that have less understanding regarding finance. This could be one of the reason why there is no relationship between actual financial literacy and saving. This survey is also conducted using online survey form, where there are many respondents that fill the survey carelessly.
Kata Kunci : financial literacy, sociodemographic, saving behavior, economic and business student.