Laporkan Masalah

Pendeteksian Kecurangan Laporan Keuangan Dengan Model Beneish Ratio Index dan Altman Z-Score Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018

LUTFIA RAMA DHANTY, Dina Natasari, S.E., M.Si., Ak., CA.

2020 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Tidak sedikit dari perusahaan di dunia termasuk Indonesia terlibat dalam skandal praktik kecurangan laporan keuangan. Kecurangan laporan keuangan yang tidak terdeteksi dapat berakibat fatal dan merugikan banyak pihak, sehingga pendeteksian kecurangan laporan keuangan merupakan hal yang penting. Kebangkrutan memiliki keterkaitan dengan kecurangan laporan keuangan. Kebangkrutan merupakan faktor penyebab terjadinya fraud. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : 1) Perusahaan yang tergolong manipulator, non manipulator, dan grey company pada 21 sampel perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2014-2018, 2) Perusahaan yang tergolong bangkrut, rawan bangkrut (grey area), dan kondisi aman pada 21 sampel perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2014-2018, 3) Penggabungan hasil perhitungan antara Beneish Ratio Index dan Altman Z-Score. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah 77 perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sebanyak 21 perusahaan sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan model Beneish Ratio Index dan Altman Z-Score. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Terdapat 8 perusahaan tergolong manipulator dengan persentase sebesar 38,1 persen, 13 perusahaan tergolong non manipulator dengan persentase sebesar 61,9 persen, dan tidak terdapat perusahaan yang tergolong grey company, 2) Terdapat 13 perusahaan yang diprediksi rawan bangkrut dengan persentase 61,9 persen, 8 perusahaan diprediksi dalam kondisi keuangan yang aman dengan persentase sebesar 38,1 persen, dan tidak terdapat perusahaan yang diprediksi bangkrut, 3) Terdapat 5 perusahaan yang diprediksi sebagai perusahaan manipulator dengan kondisi rawan terhadap kebangkrutan.

Some companies in the world including Indonesia are involved in the scandalous practice of financial statement fraud. Fraudulent financial statements that are not detected can be fatal and detrimental to many parties, so detecting financial statement fraud is important. Bankruptcy is related to financial statement fraud. Bankruptcy is a causative factor of fraud. This research was conducted to determine : 1) Companies classified as manipulators, non manipulators, and grey company in 21 samples of basic and chemical industrial sectors listed on the IDX in the 2014-2018, 2) Companies classified as bankrupt, prone to bankruptcy (grey area), and safe conditions in 21 samples of basic and chemical industrial sectors listed on the IDX in the 2014-2018, 3) Merging of the results of calculations between the Beneish Ratio Index and the Altman Z-Score. This research used quantitative descriptive methods with secondary data obtained from the website www.idx.co.id. The population in this research were 77 basic industrial and chemical sector companies listed on the IDX in the 2014-2018 period. This research used purposive sampling method and obtained as many as 21 research sample companies. The data analysis technique used Beneish Ratio Index and Altman Z-Score models. The results of this research are: 1) There are 8 companies classified as manipulators with a percentage of 38.1 percent, 13 companies are classified as non-manipulators with a percentage of 61.9 percent, and there are no companies that are classified as grey companies, 2) There are 13 companies that are predicted prone to bankruptcy with a percentage of 61.9 percent, 8 companies are predicted in financially safe conditions with a percentage of 38.1 percent, and there are no companies that are predicted to go bankruptcy, 3) There are 5 companies that are predicted as manipulator companies with conditions prone to bankruptcy.

Kata Kunci : Kecurangan Laporan Keuangan, Beneish Ratio Index, Altman Z-Score

  1. D3-2020-416104-abstract.pdf  
  2. D3-2020-416104-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-416104-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-416104-title.pdf