Laporkan Masalah

Perancangan Website Kopaja.id (Kompas Pajak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Jenis dan Tarif Pajak Bagi Pelajar SMA/SMK

TITIS HARI DAYANI, Rumiyati, SE., M.Sc., CMA, CAPM, CAPF

2020 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

KOPAJA (Kompas Pajak Ajaib) merupakan alat peraga yang digunakan sebagai simulasi pembelajaran tarif pajak. KOPAJA dapat membantu proses pembelajaran praktikum perpajakan di sekolah SMA/SMK menjadi lebih menyenangkan. KOPAJA sebagai alat peraga offline pembelajaran jenis dan tarif pajak memerlukan juga alat pelengkap untuk proses pembelajaran secara online. Penelitian ini menghasilkan rancangan website kopaja.id (Kompas Pajak Ajaib) sebagai media pembelajaran jenis dan tarif pajak bagi pelajar SMA/SMK. Kopaja.id dirancang menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Kopaja.id dikembangkan melalui metode waterfall yang terdiri dari 6 tahapan yaitu survei awal, studi pustaka, analisis kebutuhan, penyediaan konten, perancangan website, implementasi dan pengujian. Hasil survei awal menunjukkan terdapat 550 responden yang terdiri dari pelajar SMA/SMK dan mahasiswa menganggap 81,8% pembelajaran perpajakan masih membosankan. Hasil studi kelayakan menunjukkan website Kopaja.id layak secara operasional, ekonomi, teknis, dan hukum. Analisis kebutuhan terdiri dari kebutuhan masukan, proses, dan keluaran yang dibutuhkan oleh pengguna website Kopaja.id. Penyediaan konten untuk website Kopaja.id terdiri dari materi perpajakan, latihan soal dan pembahasan, serta pengguna dapat mengunduh semua materi perpajakan, latihan soal dan pembahasannya. Perancangan website yang dilakukan meliputi perancangan proses dan antar muka (interface). Hasil dari implementasi dan pengujian diperoleh bahwa media pembelajaran Kopaja.id dibangun menggunakan framework laravel dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Berdasarkan hasil pengujian di localhost (server lokal) dapat disimpulkan bahwa menu-menu halaman pada media pembelajaran website Kopaja.id yang dirancang layak diunggah dan diakses ke internet.

KOPAJA (Kompas Pajak Ajaib) is a teaching aid used as a simulation of learning tax rates. KOPAJA can help the learning process of taxation practicum in high school / vocational school become more enjoyable. KOPAJA as an offline learning aid of types and tax rates also requires complementary tools for the online learning process. This research resulted in design the Kopaja.id website (Kompas Pajak Ajaib) as a learning media of type and tax rates for high school / vocational students. Kopaja.id is designed using the waterfall method as a system development method. The result shows that Kopaja.id learning media is developed through the waterfall method consisted of 6 stages that are initial survey, literature study, needs analysis, content provision, website design, implementation, and testing. The initial survey result shows 81.8% of 550 respondents consisted of senior high school / vocational and college students think that tax learning is still boring. The result of the feasibility study shows that the Kopaja.id website is operationally, economically, technically, and legally feasible. The needs analysis comprises of input, process, and output which are needed by Kopaja.id website users. Provision of content for the Kopaja.id website is comprised of tax learning material, exercises and discussion. Its users can download all of the aforementioned things. Website design includes devising process and interface. The result of the implementation and testing shows that Kopaja.id learning media is built using a laravel framework with PHP programming language and MySQL database. Based on the test result on localhost (local server), it can be concluded that the menus of pages on the learning media of designed Kopaja.id website feasible to be uploaded and accessed to the internet.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Website, Pajak, Metode Waterfall, SMA/SMK

  1. D3-2020-415409-abstract.pdf  
  2. D3-2020-415409-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-415409-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-415409-title.pdf