Laporkan Masalah

Perancangan Sistem Pencatatan Persediaan Barang Dagang Pada Koperasi PT KAI Menggunakan Microsoft Access

SAKE FIRDHAUSYA K, Dina Natasari, S.E., M.Si.,Ak., CA

2020 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Perkembangan kegiatan bisnis di era modernisasi ini mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat. Sistem informasi akuntansi dapat membantu kegiatan operasional suatu entitas dengan menggunakan sistem yang dibuat terintegrasi untuk mengolah data. Sistem informasi pencatatan persediaan barang dagang diperlukan oleh suatu perusahaan untuk mengolah akun persediaan menjadi lebih mudah dan efisien. KOPEKA merupakan Koperasi Pegawai PT KAI yang memiliki swalayan dengan berbagai jenis persediaan barang dagang. Sistem akuntansi di KOPEKA yang berkaitan dengan persediaan barang dagang seperti pencatatan penjualan dan pembelian dicatat secara manual. Hal tersebut tentu kurang baik bagi perusahaan dagang karena akan menimbulkan banyak risiko seperti salah mencatat persediaan, harga beli, dan harga jual. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem pencatatan persediaan barang dagang menggunakan Microsoft Access. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan petugas KOPEKA, serta data sekunder dari kajian pustaka dan literatur. Sistem ini dirancang menggunakan Microsoft Access dengan memanfaatkan fitur tabel, query, formulir, dan laporan. Dalam penerapannya sistem ini menggunakan tabel, query, dan formulir untuk input data. Output yang dihasilkan dari sistem ini yaitu laporan penjualan dan pembelian pada setiap periode. Sistem pencatatan persediaan barang dagang pada KOPEKA ini diharapkan dapat digunakan sebagai alat pengendalian persediaan untuk mempermudah kegiatan jual beli dan kegiatan operasional lain yang berhubungan dengan akun persediaan.

The development of business activities in the modernization era follows the rapid development of technology and information. Accounting information systems can help an entity's operational activity by using systems that are made to integrate process data. A inventory record information system needed by a company to process inventory accounts more easily and efficiently. KOPEKA is a PT KAI Employee Cooperative that has self-service with various types of merchandise inventories. The accounting system at KOPEKA relating to merchandise inventory such as recording sales and purchases is recorded manually. This is certainly not good for trading companies because it will cause a lot of risks such as recording inventory, buying price, and selling price. This study aims to produce a system for recording inventory using Microsoft Access. This research uses a descriptive qualitative method with primary data obtained from interviews with KOPEKA officers, as well as secondary data from study of literature. This system is designed using Microsoft Access by utilizing features of tables, queries, forms, and reports. Application of this system includes tables, queries, and forms for data input. The output of this system are purchase reports and sales reports for each period. The system for recording inventory in KOPEKA expected to used as an inventory control tool to help the buying and selling and other operational activities related to inventory accounts.

Kata Kunci : Sistem Pencatatan Persediaan, Barang Dagang, Microsoft Access

  1. D3-2020-416128-abstract.pdf  
  2. D3-2020-416128-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-416128-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-416128-title.pdf