Laporkan Masalah

PEMBUATAN VIDEO COMPANY PROFILE DENGAN METODE SINEMATIK DAN MOTION GRAPHIC "OKSIGEN COFFEE"

AINUN TRI WIRANTO, Aniffudin Aziz, S.Si., M.Kom.

2020 | Tugas Akhir | D3 Komputer dan Sistem Informasi

INTISARI PEMBUATAN VIDEO COMPANY PROFILE DENGAN METODE SINEMATIK DAN MOTION GRAPHIC "OKSIGEN COFFEE" Oleh: Ainun Tri Wiranto 15/384463/SV/08820 Berbagai macam bidang usaha yang saat ini mengalami perkembangan, salah satunya adalah kedai kopi. Hal ini terlihat dari banyaknya bermunculan kedai-kedai kopi di berbagai kota, salah satunya di jogja. Kedai kopi adalah suatu tempat yang mengedepankan kopi sebagai menu utamanya. Persaingan bisnis tentunya sangat banyak, oleh karena itu setiap pemilik kedai harus pintar-pintar menentukan target pasar yang dituju. Untuk itu pemilik kedai harus memilih metode promosi yang tepat. Video company profile menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh kedai-kedai kopi untuk menjadi media promosinya. Namun setiap kedai memiliki hal-hal yang berbeda dalam menonjolkan produknya dan metode yang digunakan dalam video company profile mereka. Salah satu contohnya Luckies Koffiee yang mengangkat tema sinematografi dalam video company profilenya, dan Gufo Coffee yang mengangkat tema nataratif dan penambahan efek motion graphic. Dengan refrensi dari video company profile tersebut maka ditentukan untuk mengangkat tema sinematografi dan motion graphic. Proses pembuatan video company profile dimulai dengan riset, dilanjutkan ke proses pruduksi yang meliputi proses syuting dan pembuatan motion graphic yang dibuat dengan software Adobe After Efffect serta proses pasca produksi berupa editing penggabungan video dan motion graphic yang dibuat dengan software Adobe Premiere. Hasil dari penelitian ini adalah company profile Oksigen Coffee yang dapat digunakan sebagai media promosi.

ABSTRACT THE MAKING OF VIDEO COMPANY PROFILE BY METHOD CINEMATIC AND MOTION GRAPHIC "OKSIGEN COFFEE" By: Ainun Tri Wiranto 15/384463/SV/08820 Various types of business fields that are currently experiencing development, one of which is a coffee shop. This can be seen from the many coffee shops in various cities, one of them in Jogja. Coffee shop is a place that puts coffee as a main menu. Business competition is certainly very much, therefore every store owner must be smart to determine the target market. For this the shop owner must choose the right promotion method. This Company profile video is one of the choices that are widely used by coffee shops to become a promotional media. However, each store has different methods to highlight their products and used in their company profile videos. One example is Luckies Koffiee, who took up the theme of cinematography in the video company profile, and Gufo Coffee, who took a natarative theme and added motion graphic effects. With reference from this company profile video, determines the theme of cinematography and motion graphics. The process of making a company profile video begins with research, the production process which includes the process of filming and making motion graphics made with Adobe After Efffect software and the post-production process in the form of editing merging videos and motion graphics made with Adobe Premiere software. The results of this study are the company profile of Oxygen Coffee which can be used as a promotional media.

Kata Kunci : Video company profile, Kedai Kopi, Animasi 2D, After Effect

  1. D3-2020-384463-abstract.pdf  
  2. D3-2020-384463-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-384463-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-384463-title.pdf