Laporkan Masalah

MODEL BISNIS BARU SEBAGAI PENGEMBANGAN STRATEGI TURN AROUND NET TV

HADINI AMALIA, B.M Purwanto, M.B.A., Ph.D.

2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

PT Netmediatama Televisi atau NET merupakan stasiun televisi yang didirikan menyasar target penonton milenial dan upper (kelas atas). NET ingin mengambil pasar ceruk di tengah persaingan industri televisi yang kuat. Namun dalam perjalanannya, seiring dengan perkembangan dan kemajuan penggunaan internet, kebiasaan menonton televisi di segmen milenial dan upper juga berubah. Segmen ini banyak beralih ke media digital seperti Youtube, Netflix, dan media sosial. Sementara dari sisi bisnis, pengiklan yang merupakan sumber utama revenue stasiun televisi masih mengacu kepada jumlah penonton yang tergambar dalam rating dan share dari laporan AC Nielsen. Performa NET baik dari segi jumlah penonton (rating dan share) maupun dari pendapatan (revenue) terus mengalami penurunan sehingga tidak mencapai target. Padahal sejak berdiri, NET telah memiliki beragam produk digital yang menjadi kekuatan namun tidak menyumbang pendapatan dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi turnaround agar NET bisa kembali memiliki performa yang baik. Salah satu strateginya yaitu dengan mengembangkan model bisnis yang tepat menggunakan analisis kanvas model bisnis. Untuk mendapat analisis kanvas model bisnis, penulis menggunakan analisis Eksternal dan analisis internal perusahaan.

PT Netmediatama Television or NET is a television station which was established to have the target audience of millennial and upper class. NET wants to take the niche market in the middle of strong television industry. However, along with the development and progress of internet usage, the habit in watching television in the millennial and upper class segment is also changing. This segment has switched into digital media such as Youtube, Netflix, and social media. Meanwhile from the business side, the advertisers who are the main source of television station revenue are still referring into the amount of audience which reflected in rating and share from the AC Nielsen report. This condition affects the NET performance which continues to fall. This research is aimed to analyse the turnaround strategy to return NETs well performance. One of the strategies is by developing the right business model by using the analysis of canvas business model. In order to get canvas business model analysis, the writer is using external and internal analysis of the company.

Kata Kunci : Turn Around Strategy, PESTEL Analysis, Five Forces Porter Analysis, Key Success Factor, SWOT Analysis, Business Model, Canvas Business Model, Television, Digital Media

  1. s2-2020-432777-abstract.pdf  
  2. s2-2020-432777-bibliography.pdf  
  3. s2-2020-432777-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2020-432777-title.pdf