Laporkan Masalah

PERSEPSI WISATAWAN DAN PELUANG USAHA TAMAN WISATA ALAM MAYANG PEKANBARU BAGI MASYARAKAT

GLEDIZIA RIZADI, Dr. Silvi Nur Oktalina, S.Hut., M.Si.

2020 | Tugas Akhir | D3 PENGELOLAAN HUTAN

Taman Wisata Alam Mayang adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun pada tahun 1973 dengan luas 24 hektar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap Taman Wisata Alam Mayang, dan peluang usaha Taman Wisata Alam Mayang bagi masyarakat. Pengambilan data dilakukan selama ����¯�¿�½������± 4 (empat) minggu dilapangan. Penelitian dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung Taman Wisata Taman Alam Mayang, masyarakat Taman Wisata Alam Mayang, dan pengelola Taman Wisata Alam Mayang. Pengunjung menyebutkan Taman Wisata Alam Mayang tempat yang cocok dikunjungi pada hari libur dengan keluarga, biaya yang dikeluarkan cukup murah, wisata alam yang diisi pemandangan pohon-pohon yang rindang dan danau, obyek wisatanya menarik seperti wahana sepeda air, kolam pancing, flying fox dan sebagainya. Infrastruktur di Taman Wisata Alam Mayang sudah mendukung seperti mushola, toilet, jaringan komunikasi, dan sebagainya. Wisatawan merasa puas dan nyaman melakukan aktifitas-aktifitas di Taman Wisata Alam Mayang. Aktifitas yang dilakukan wisatawan di Taman Wisata Alam Mayang yaitu menikmati pemandangan, melakukan acara reuni keluarga/teman/kolega, tempat bermain anak-anak, dan lain-lain. Wisatawan berpendapat bahwa keberadaan dan keberlanjutan Taman Wisata Alam Mayang baik sekarang dan untuk akan datang sudah mendukung. Wisatawan ingin mengunjungi Taman Wisata Alam Mayang lagi dimasa akan datang untuk melihat bagaimana perkembangannya. Saran dari wisatawan yaitu jaga keberadaan pohon-pohon agar tetap teduh dan nyaman. Keberadaan Taman Wisata Alam Mayang dapat meningkatkan peluang usaha untuk penduduk setempat maupun pengusaha kecil. Keberadaan Taman Wisata Alam Mayang dapat meningkatkan keterampilan masyarakat lokal terkait aktifitas wisata seperti acara penampilan band dan tari-tarian dari semua kalangan umur dari taman kanak-kanak dan usia lanjut. Taman Wisata Alam Mayang telah meningkatkan nilai jual barang dan jasa pekerja seperti menjual makanan, minuman, dan mainan anak-anak, sehingga dapat meningkatkan kehidupan perekonomian pekerja, dan keuntungan ekonomi. Peluang usaha yang dihasilkan dari Taman Wisata Alam Mayang adalah Rp 5.159.173.333,- dari lapangan kerja yang tersedia bagi masyarakat sekitar.

Alam Mayang Tourism Park is an urban open space and was built in 1973 with an area of 24 hectares. The purpose of this study was to determine the perceptions of visitors towards Alam Mayang Tourism Park and Alam Mayang Tourism Park business opportunities. Data collection is carried out for ����¯�¿�½������± 4 (four) weeks in the field. The research was conducted by observation and interview methods. Data analysis was carried out in quantitative and qualitative descriptive terms. Samples in this research are visitors of Alam Mayang Tourism Park, Alam Mayang Tourism Park Community, and the manager of the Alam Mayang Tourism Park. Visitors mention Alam Mayang Tourism Park as a suitable place to visit on holidays with family, the costs are quite cheap, nature tourism filled with shady trees and lakes, interesting tourist objects such as water bicycle rides, fishing ponds, flying fox and so on. Infrastructure in Alam Mayang Tourism Park already supports such as Islamic prayer room, toilets, communication networks, and so on. Visitors feel satisfied and comfortable doing activities in Alam Mayang Tourism Park. Activities undertaken by visitors in Alam Mayang Tourism Park are enjoying the scenery, family/ friends/ colleagues reunions, children's playgrounds, and others. Visitors say the existence and sustainability of Alam Mayang Tourism Park both now and in the future has been supportive. Visitors want to visit Alam Mayang Tourism Park again in the future to see how it develops. Advice from visitors is to maintain the presence of trees to stay calm and comfortable. The existence of Alam Mayang Tourism Park can increase business opportunities for local residents and small entrepreneurs. The existence of Alam Mayang Tourism Park can improve skills of local people related to tourism activities such as band performances and dances of all ages from kindergarten and old age. Alam Mayang Tourism Park has increased the sale value of workers goods and services such as selling food, drinks and children's toys, so as to improve the lives of workers' economies, and economic benefits. There are presence of business opportunities in Alam Mayang Tourism Park. The average business opportunity is Rp 5,159,173,333,- from job for example an employment that can increase employment opportunities for the communities.

Kata Kunci : Taman Wisata Alam Mayang, persepsi, peluang usaha, Ruang Terbuka Hijau/Alam Mayang Tourism Park, perception, business opportunity, urban open space

  1. D3-2020-401401-abstract.pdf  
  2. D3-2020-401401-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-401401-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-401401-title.pdf