Laporkan Masalah

TUGAS AKHIR PERANCANGAN SISTEM PENCATATAN PESANAN YANG TERINTEGRASI DENGAN PELUNASAN PESANAN BERBASIS EXCEL VBA (STUDI KASUS RUMAH KREASI)

MAHARANI DYAH W, Dina Natasari, M.Si., Ak

2020 | Tugas Akhir | D3 AKUNTANSI

Pada era pasar persaingan bebas atau dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN, UMKM di Indonesia dituntut untuk mampu berkembang guna menyokong perekonomian nasional. Kalangan muda pun ikut andil dalam perkembangan UMKM. Salah satu usaha yang sedang digandrungi saat ini adalah usaha konveksi. Rumah Kreasi merupakan contoh UMKM yang berjalan pada bidang tersebut. Kini Rumah Kreasi sudah memiliki sembilan karyawan dan sudah meraup omzet setiap bulan rata-rata Rp150.000.000,00. Pengelola Rumah Kreasi mengungkapkan bahwa mereka masih melakukan pencatatan penjualan secara semi manual. Hal tersebut mengakibatkan pembuatan laporan yang terkait dengan pesanan dan pelunasan masih belum efektif dan efisien. Menggunakan sistem pencatatan pesanan dan pelunasan yang saling terintegrasi dapat mengurangi kesalahan pencatatan dan membuat pelaporan pesanan, pelunasan, dan penjualan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pencatatan pesanan yang terintegrasi dengan pelunasan pesanan berbasi excel VBA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data primer diperoleh dari wawancara dan observasi, serta sekunder dari kajian data. Perancangan sistem ini memanfaatkan visual bassic for application yang ada pada excel untuk membuat macro supaya sistem dapat berjalan secara otomatis. Data masukkan yaitu pesanan, harga produk, dan pelunasan akan diolah pada sistem ini menjadi laporan pesanan, laporan penjualan, laporan pelunasan, dan laporan barang terjual. Penggunaan sistem ini akan mempermudah Rumah Kreasi dalam melakukan pencatatan pesanan dan pelunasan serta membuat laporan pesanan, laporan pelunasan, laporan penjualan, dan laporan barang terjual lebih efektif dan efisien.

In the era of free competition or known as the ASEAN Economic Community, MSMEs in Indonesia are required to be able to develop to support the national economy. Young people also take part in the development of MSMEs. One of the businesses that is currently loved is convection. Rumah Kreasi is an example of MSMEs that operate in that field. Now Rumah Kreasi has nine employees and has earned an average monthly turnover of Rp150,000,000.00. The manager of Rumah Kreasi revealed that they are still recording sales in a semi-manual manner. This resulted in the making of reports related to orders and repayment still not effective and efficient. Using an integrated recording of orders and settlement systems can reduce recording errors and make reporting of orders, settlements and sales more effective and efficient. This study aims to design an order recording system that is integrated with the settlement of orders based on excel VBA. This study uses descriptive qualitative methods with primary data obtained from interviews and observations, as well as secondary data from studies. The design of this system utilizes visual bass for application in Excel to create macros so that the system can run automatically. Data entered namely orders, product prices, and repayments will be processed in this system into an order report, sales report, repayment report, and goods sold report. The use of this system will make it easier for Rumah Kreasi to record orders and pay off and make order reports, repayment reports, sales reports, and goods sold reports more effectively and efficiently.

Kata Kunci : UMKM, invoice, macro, laporan, pesanan, pelunasan, penjualan.

  1. D3-2017-415402-abstract.pdf  
  2. D3-2017-415402-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-415402-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-415402-title.pdf