Laporkan Masalah

ANALISIS PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (Studi Kasus: Desa Sinduadi, kecamatan Mlati, kabupaten Sleman)

MUHAMMAD TAUFIK A.R, Dr. Subando Agus Margono, M.SI.

2020 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat akuntabilitas dalam pengelolaan alokasi dana desa di Desa Sinduadi dan juga untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan alokasi dana desa di Desa Sinduadi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengelolaan alokasi dana desa di Desa Sinduadi yang merupakan desa terbesar dan termaju yang ada di Kabupaten Sleman. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dengan teknik semi terstruktur. Wawancara dilakukan dengan pemerintah desa yang menjalankan pemerintahan dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai wakil masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan dana desa yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Sinduadi sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku. Transparansi yang dilakukan oleh pemerintah Desa Sinduadi menggunakan media informasi digital, penyebaran informasi ke seluruh desa melalui Ketua RT dan Kepala Dusun, dan juga melalui papan informasi yang ditempatkan di Kantor Desa. Meskipun pengelolaan dana desa yang dilakukan oleh pemerintah desa sangat baik, tetapi pemahaman masyarakat tentang kebijakan dana desa masih rendah.

This study aims to identify the level of accountability in managing village fund allocation in Sinduadi village and also to identify the factors that influence the management of village fund allocation in Sinduadi village and also to identify factors that influence the management of village fund allocation in Sinduadi village. This research was conducted because it was to find out the management of village fund allocation in Sinduadi village which is the largest and most advanced village in Sleman Regency. To achieve the objectives of this study, the study was designed using qualitative research with a case study method. Data collection techniques used in this research are interviews with semi structured techniques. Interviews were conducted with the village government running the government and the Village Consultative Body (BPD) as community representatives. The results of this study indicate that the Village Fund Financial management carried out by the Sinduadi village government is in accordance with the laws and regulation and applicable provisions. Transparency carried out by the Sinduadi village government uses digital information media and there is also information dissemination for each village through the RT and Hamlet heads and also through information boards placed at the Village Office. Although the management of village funds carried out by the village government is very good, but the community understanding of Village fund policies is still low.

Kata Kunci : Village Fund Allocation, Accountability, Transparency, Village Governance

  1. S1-2020-353988-abstract.pdf  
  2. S1-2020-353988-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-353988-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-353988-title.pdf