Laporkan Masalah

Mapping the New Elements of Local Government Disaster Management Capability: A Systematic Analysis of Research Trends 2003 - 2018

KARINA RAMADHANTY B, Dr. Bevaola Kusumasari, M.Si.

2020 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Bencana alam telah menguji kemampuan otoritas lokal untuk menanganinya secara efektif, sementara pada saat yang sama mengakui pemerintah daerah sebagai responden lokal pertama. Namun demikian, studi literatur bencana pada pemerintah daerah terbatas, dengan berkonsentrasi pada kapasitas mereka untuk menanggapi bencana sebagai organisasi publik. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan kapasitas manajemen bencana pemerintah daerah, yang berpusat pada fase bencana, dengan tujuan berkontribusi pada manajemen strategis dan untuk memahami sejauh mana kemampuan lokal mereka dipahami dalam studi bencana. Pada dasarnya, penelitian ini akan menerapkan metode tinjauan pemetaan, di mana temuan akan menghasilkan elemen baru sebagai dasar rekomendasi mengenai kemampuan pemerintah daerah, terutama di bidang manajemen bencana. Temuan dari analisis ini dimaksudkan untuk menawarkan panduan kepada administrator publik dengan harapan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang potensi mereka dan meningkatkan respons mereka terhadap bencana alam.

Natural disasters have tested the ability of local authorities to handle them effectively, while at the same time recognizing the local government as the first local responders. Nevertheless, the disaster literature studies on local governments are limited, concentrating on their capacity to respond to disasters as a public organisation. Therefore, this research emphasizes the capacity of local government's disaster management, centred on the disaster phases, with the goal of contributing to strategic management and to understanding to what degree their local capability was understood in disaster studies. Essentially, this study would apply the mapping review method, in which the findings would generate new elements as a basis of recommendations regarding the local government capability, especially in the area of disaster management. The findings of this analysis are meant to offer guidance to public administrators in the hope of getting a deeper understanding of their potential and of improving their response to natural disasters.

Kata Kunci : disaster management, local government, capabilities, systematic mapping

  1. S1-2020-392787-abstract.pdf  
  2. S1-2020-392787-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-392787-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-392787-title.pdf