Utilizing a CRM System to Identify Potential Collaborating Partners for an Online Training Program
DIMAS WULUNG A, Prof. Dr. Christian Gerth
2019 | Skripsi | S1 AKUNTANSISistem Customer Relationship management (CRM) adalah aset teknologi yang digunakan untuk mengelola hubungan pelanggan, dan suatu database yang sangat penting bagi organisasi saat ini. Ini membantu organisasi untuk terlibat dengan para pelanggan, dan mendapatkan wawasan tentang bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengamati pemanfaatan sistem Zoho CRM di sebuah organisasi menuju sebuah proyek yang bernama CTT China Tourism Training. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk magang dan berlangsung di China Outbound Tourism Research Institute (COTRI) dengan durasi tiga bulan dari 15 Juli 2019 hingga 15 Oktober 2019 di Hamburg, Jerman. Penelitian ini dilakukan melalui pengamatan dan akses ke sistem database COTRI. Berdasarkan hasil pengamatan, penggunaan basis data Zoho CRM telah membantu organisasi untuk mengembangkan proyeknya dalam mengidentifikasi mitra kolaboratif dan memungkinkan suatu organisasi untuk terhubung dengan sejumlah mitra kolaboratif dalam seluruh proses.
Customer Relationship management (CRM) system is a technological asset used to manage the customer relationship, and a database that is crucial for an organization nowadays. It helps the organization to engage with leads and customers, and get insights about the business. The objective of this research is to analyze and observe the utilization of Zoho CRM system in a company towards a project called China Tourism Training. The research was conducted in the form of an internship and took place in the China Outbound Tourism Research Institute (COTRI) with the duration of three months from 15 July 2019 until 15 October 2019 in Hamburg, Germany. The research was done through the observation and access to the COTRI database system. Based on the result of the observation, the use of Zoho CRM database has helped the organization to develop its project in identifying the collaborative partners and enabled them to connect with a number of collaborative partners throughout the process.
Kata Kunci : CRM, Database, Project, Information system, Internship