Laporkan Masalah

Evaluating Internal Control Structure in a Not-For-Profit Organization (Case Study of AIESEC in Universitas Gadjah Mada)

LATIFA AULIA K, Haryono, Drs., M.Com., Ak., CA.,

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Struktur pengendalian internal memiliki peran penting bagi suatu organisasi untuk mengontrol, mengawasi, dan mengarahkan suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Penerapan yang efektif pada struktur pengendalian internal diharapkan dapat mengurangi risiko organisasi dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas struktur pengendalian internal dan untuk memberikan saran pada perbaikan yang diperlukan untuk struktur pengendalian internal pada manajemen kepatuhan yang ada di AIESEC di Universitas Gadjah Mada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui pengamatan, penyebaran kuesioner, dan melakukan wawancara yang didasarkan pada lima komponen COSO Internal Control Integrated Framework 2013. Hasil menunjukkan bahwa struktur pengendalian internal sudah sangat memadai tetapi fungsi manajemen kepatuhan belum sepenuhnya efektif karena terdapat defisiensi dalam kepatuhan, manajemen risiko, dan manajemen catatan.

Internal control structure has an important role for an organization to control, supervise and direct an organization to achieve goals. The effective implementation of internal control structure is expected to reduce organization�s risks in achieving the goals. This study aims to assess the effectiveness of internal control structure and to provide suggestions for improvements needed for the existing internal control structure of compliance management in AIESEC in Universitas Gadjah Mada. This type of research is qualitative research with a case-study approach. The data were collected through observations, distributing questionnaires, and conducting interviews which are based on five components of COSO Internal Control Integrated Framework 2013. The results show that the internal control structure is highly sufficient but the compliance management function has not been fully effective due to deficiencies in compliance, risk management, and records management.

Kata Kunci : control, internal control structure, compliance, effective, COSO, not-for-profit organization.

  1. S1-2020-397039-abstract.pdf  
  2. S1-2020-397039-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-397039-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-397039-title.pdf