RETORIKA POLITIK POLITISI KALAH (Analisis Retorika Politik pada Pidato Kekalahan Agus Harimurti Yudhoyono dan Basuki Tjahaya Purnama dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017)
FATHOR RAHMAN, Nyarwi Ahmad, Ph.D
2020 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASIPenelitian ini fokus pada studi tentang retorika politik politisi yang kalah dalam Pemilu. Sejauh ini, fokus kajian retorika politik sebagian besar membahas retorika politik para pemenang. Penelitian ini telah menjadi pembeda dari penelitian sebelumnya karena akan menggambarkan motif retorika seseorang dari sisi pihak yang kalah. Penelitian ini meneliti gaya dan tujuan retorika ketika seseorang dikalahkan secara politis. Ketika mencalonkan diri, mungkin mereka mengemas retorika sedemikian rupa untuk menarik simpati publik, tetapi ketika mereka kalah, tidak berarti bahwa masalahnya selesai, tetapi mereka cenderung untuk terus membangun kembali simpati publik, image politik, dan membangun agenda politik baru. Model analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif. Kontribusi penelitian ini berimplikasi pada pergeseran konsep retorika politik. Selama ini, peneliti retorika mempertimbangkan bawahan retorika politik berdasarkan narasi persuasif seorang komunikator dalam bentuk undangan, permintaan, bahkan agitasi dan propaganda. Namun, tampaknya dalam beberapa konteks istilah persuasif memiliki kecenderungan statis dalam memahami retorika politik itu sendiri. Penelitian ini telah menjadi salah satu titik masuk dalam mengungkap retorika politik yang kabur dan ambigu. Dalam retorika politik, ungkapan persuasi mengalami pelebaran makna. Pada akhirnya, retorika politik politisi yang kalah ditujukan kepada audiens dalam membentuk citra politik, dan membangun penilaian politik baru dengan narasi persuasif yang memperkuat identitas kekalahan mereka.
This research focuses on the study of the political rhetoric of those who lost the General Election. So far, the focus of the study of political rhetoric has been largely to discuss the political rhetoric of the winners. This research has become a differentiator from previous research because it will describe someone's rhetorical motives from the side of the losing party. This research examines the style and purpose of rhetoric when someone is politically defeated. When nominating themselves, maybe they package the rhetoric in such a way as to attract public sympathy, but when they lose it does not mean that the problem is finished, but they are likely to continue to rebuild public sympathy, image, and build new political judgement. The data analysis model in this research is qualitative content analysis. The contribution of this research has implications for the shift in the concept of political rhetoric. All this time, rhetoric researchers consider the subordinate of political rhetoric based on the persuasive narrative of a communicator in the form of invitations, requests, even agitation and propaganda. However, it seems that in some contexts the term persuasive has a static tendency in understanding political rhetoric itself. This research has become one of the entry points in unraveling such vague and ambiguous political rhetoric. In the political rhetoric of losing politicians, the expression of persuasion experiences widening meaning. In the end, the political rhetoric of losing politicians is aimed at the audience in shaping political image, and building new political judgments with persuasive narratives that reinforce the identity of their defeat.
Kata Kunci : rhetoric, political rhetoric, public communication, politicians lose