Laporkan Masalah

SUSTAINABILITY REPORTING IN THE CONSUMER GOODS INDUSTRY � CURRENT STATUS AND RECOMMENDATIONS BASED ON COMPARATIVE CASE ANALYSIS

DAVID ALI, Prof. Eduardus Tandelilin

2020 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkenalkan SDGs menggantikan MDGs pada tahun 2015, perusahaan-perusahaan di sektor bisnis swasta seluruh dunia didorong untuk mengambil tanggung jawab yang sama untuk mengejar pembangunan berkelanjutan di masa depan. Berdasarkan Studi CEO Global Compact-Accenture 2016 dari lebih dari 1.000 pemimpin bisnis dari 108 negara, 97% CEO percaya bahwa keberlanjutan adalah penting untuk kesuksesan bisnis mereka di masa depan, dan 80% CEO percaya bahwa menunjukkan komitmen untuk keberlanjutan dapat menciptakan diferensiasi dalam industrinya. Oleh karena itu, banyak perusahaan di dunia mulai mengubah kegiatan bisnis mereka untuk mengembangkan dampak nyata pada keberlanjutan dan mencoba untuk mempublikasikan apa yang telah mereka kontribusikan terhadap keberlanjutan berdasarkan pedoman yang disediakan oleh PBB. Mengakui pentingnya praktik keberlanjutan, penulis berfokus pada perusahaan barang konsumen bergerak cepat (FMCG) di Jerman, yang memiliki pasar dan kontribusi besar bagi kehidupan manusia, menyelidiki dan membandingkan praktik dan pelaporan keberlanjutan mereka saat ini. Penelitian ini akan merangkum dan menilai praktik keberlanjutan dari masing-masing perusahaan, termasuk pelaporan keberlanjutan perusahaan kasus. Data dikumpulkan melalui situs web perusahaan dan Laporan Keberlanjutan. Perusahaan yang dikaji adalah pemimpin pasar yang terkenal dalam segmen produk mereka di Jerman yang telah berkontribusi pada praktik keberlanjutan berskala besar. Hasil dari penelitian ini akan membantu para pemimpin bisnis dan setiap pemangku kepentingan untuk memiliki wawasan tentang apa yang dilakukan perusahaan-perusahaan terkemuka di industri FMCG saat ini untuk mengantisipasi masalah keberlanjutan dan cara pelaporan dampak aktivitas bisnis mereka terhadap masalah keberlanjutan yang dapat menarik minat para pemangku kepentingan

After the United Nations (UN) introduced SDGs replacing MDGs in 2015, companies in the private business sectors all the world were encouraged to taking equal responsibility for pursuing sustainable development forward. Based on the UN Global Compact-Accenture CEO Study 2016 of more than 1.000 business leaders from 108 countries, 97% of CEOs believe that sustainability is essential to the future success of their business, and 80% of CEOs believe that showing commitment to sustainability may create differentiation in their industry. Therefore, many companies in the world started to transform their business activities to develop real impacts on sustainability and tried to publish what they have contributed to sustainability based on the provided guidelines from the UN. Acknowledging the importance of sustainability practices, the author focuses on fast moving consumer goods companies (FMCG) in Germany, which have a huge market and contributions to human life, investigating and comparing their current sustainability practices and reporting. This research will summarize and assess the sustainability practices of each company, as well as the case companies� sustainability reporting. The data were collected via the companies websites and Sustainability Reports. The case companies are the well-known and the market leader in their product segments in Germany that have contributed to a large scale of sustainability practices. The results of this research will help business leaders and any stakeholders to have insights regarding what the leading companies in FMCG industry nowadays doing to anticipate the sustainability issues and the ways in reporting their impacts to the sustainability issues that could attract stakeholders interest.

Kata Kunci : Sustainability, Sustainability Development Goals, Sustainability Reporting, Fast Moving Consumer Goods

  1. s2-2020-417411-abstract.pdf  
  2. s2-2020-417411-bibliography.pdf  
  3. s2-2020-417411-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2020-417411-title.pdf