Laporkan Masalah

EKSISTENSI TIM PENGAWAL DAN PENGAMANAN PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN DAERAH KEJAKSAAN TINGGI JAWA BARAT DALAM PENCEGAHAN TINDAK PIDANA KORUPSI

DANIEL DE ROZARI, Dr. Supriyadi, S.H., M.Hum.

2020 | Tesis | MAGISTER HUKUM LITIGASI

Pelaksanaan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan melakukan analisis tentang bagaimana korelasi adanya Tim Pengawal Dan Pengamanan Pemerintahan Dan Pembangunan Daerah Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dengan menurunnya perkara tindak pidana korupsi pada wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, dan tentang bagaimanakah problematika yang dihadapi oleh Tim Pengawal Dan Pengamanan Pemerintahan Dan Pembangunan Daerah Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dalam melakukan upaya pencegahan tindak pidana korupsi, serta bagaimanakah prospek pencegahan tindak pidana korupsi dilakukan oleh Tim Pengawal Dan Pengamanan Pemerintahan Dan Pembangunan Daerah Kejaksaan Tinggi Jawa Barat di masa yang akan datang. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode penelitian hukum normatif atau doktrinal, menggunakan teori kebenaran pragmatik, dan paparannya bersifat deduksi. Data yang digunakan adalah data sekunder yang kemudian dikategorisasikan menjadi bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Pendekatan penelitian adalah pendekatan peraturan perundang-undangan. Hasil dari penelitian ini adalah; eksistensi Tim Pengawal Dan Pengamanan Pemerintahan Dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi Jawa Barat mempunyai korelasi secara langsung dengan menurunnya perkara tindak pidana korupsi pada wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat antara tahun 2016 sampai dengan tahun 2019 dibandingkan dengan jumlah perkara tindak pidana korupsi pada wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat antara tahun 2011 sampai dengan tahun 2015. Sementara itu roblematika yang dihadapi oleh TP4D Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dalam melakukan upaya pencegahan tindak pidana korupsi dapat diatasi dengan cara pelaksanaan dan penegakan sikap profesionalisme Jaksa TP4D dan melaksanakan dan mentaati prosedur operasional standar yang ditetapkan oleh institusi TP4D dalam hal pelaksanaan tugas dan fungsi Jaksa TP4D Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Adapun prospek pencegahan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh TP4 sebagai sebuah lembaga (institusi) sudah tidak ada lagi karena TP4 sudah secara resmi tidak ada lagi, tetapi prospek pencegahan tindak pidana korupsi di masa depan oleh TP4 tetap penting, tentunya dengan terlebih dahulu melakukan penyempurnaan dan peningkatan sumber daya manusia TP4 tersebut.

The purpose of this research is to find out and analyze the correlation between the existence of the Guard and Security Team of the Government and Regional Development of the West Java High Prosecutor's Office with the decrease in corruption cases in the jurisdiction of the West Java High Prosecutor's Office, and about how the problems faced by the Guard and Security Team Government and Regional Development of the West Java High Prosecutors Office in conducting efforts to prevent corruption, and how the prospect of preventing criminal acts of corruption is carried out by the Guard and Security Team of the West Java District Attorney's Office and Regional Development in the future. The research method used is a normative or doctrinal legal research method, using pragmatic truth theory, and the presentation is deduction. The data used are secondary data which are then categorized into primary, secondary and tertiary legal material. The research approach is the statutory approach. The results of this study are; the existence of the Guardian and Security Team of Government and Regional Development (TP4D) of the West Java Prosecutor's Office has a direct correlation with the decrease in corruption cases in the jurisdiction of the West Java High Prosecutor's Office between 2016 and 2019 compared to the number of corruption cases in the jurisdiction West Java High Prosecutors Office between 2011 and 2015. Meanwhile, roblematics faced by TP4D West Java High Prosecutors Office in carrying out efforts to prevent corruption can be overcome by implementing and enforcing the attitudes of TP4D prosecutors' professionalism and implementing and obeying standard operational procedures established by TP4D institutions in terms of carrying out the duties and functions of the West Java High Prosecutors' TP4D Prosecutor. The prospect of preventing corruption by TP4 as an institution (institution) no longer exists because TP4 is officially no longer exist, but the prospect of preventing corruption in the future by TP4 remains important, of course by first making improvements and TP4 human resource improvement.

Kata Kunci : TP4D, Pencegahan, Penindakan, dan Korupsi

  1. S2-2020-402768-abstract.pdf  
  2. S2-2020-402768-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-402768-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-402768-title.pdf