Laporkan Masalah

DASAR PENGUKURAN DAN MANFAAT SLACK PADA KEJUJURAN DALAM PENGAJUAN ANGGARAN: PERAN MODERASI PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT (POS)

NURUL MUSTAFIDA, Wuri Handayani, S.E., Ak., M.Si., M.A., Ph.D.

2020 | Tesis | MAGISTER SAINS AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dasar pengukuran dan manfaat slack terhadap kejujuran dalam pengajuan anggaran, dengan peran moderasi perceived organizational support (POS). Selain itu, penelitian ini juga menguji pengaruh kepedulian pada kejujuran terhadap kejujuran dalam pengajuan anggaran pada kondisi POS tinggi dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen laboratorium dengan desain eksperimen 2x2x2 antarsubjek. Dasar pengukuran dan manfaat slack dimanipulasi menjadi dua kelompok, sedangkan POS dimanipulasi pada tingkat tinggi dan rendah. Partisipan adalah 150 mahasiswa S1 Akuntansi dan Manajemen. Data eksperimen diuji menggunakan ANOVA dan regresi makro PROCESS untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antar variabel. Pertama, hasil penelitian menunjukkan bahwa dasar pengukuran berpengaruh langsung terhadap kejujuran dalam pengajuan anggaran dan berpengaruh terhadap kepedulian pada kejujuran. Kedua, interaksi antara dasar pengukuran dan manfaat slack ditemukan tidak memengaruhi kepedulian pada kejujuran. Ketiga, kepedulian pada kejujuran ditemukan berpengaruh positif pada kejujuran dalam pengajuan anggaran. Keempat, POS berhasil memoderasi pengaruh kepedulian pada kejujuran terhadap kejujuran dalam pengajuan anggaran. Hasil temuan ini mengindikasikan bahwa kehadiran POS yang tinggi di lingkungan organisasi berpotensi dapat memitigasi rendahnya kejujuran dalam pengajuan anggaran, dimana kehadiran POS dapat meningkatkan komitmen organisasi yang dimiliki karyawan untuk mencapai goal congruence. Penelitian ini selaras dengan regulatory focus theory (RFT) yang menjelaskan bahwa individu akan bertindak berdasarkan motivasi dan intensi atas tindakan tersebut. Selain itu, hasil temuan ini juga sejalan dengan organizational support theory (OST) yang menjelaskan bahwa ikatan emosional antara karyawan dan organisasi dapat ditingkatkan melalui adanya POS di lingkungan organisasi, sehingga tercipta komitmen organisasi yang tinggi dan dapat menurunkan tindakan tidak etis karyawan seperti bertindak tidak jujur dalam pengajuan anggaran.

This study aims to examine the effect of measurement basis and slack benefits on honesty in budget reporting, with the moderating effect of perceived organizational support (POS). Also, this study examines the effect of honesty concern on honesty in budget reporting under high and low POS conditions. This study uses a laboratory experiment method with 2x2x2 between subjects. Participants were 150 undergraduate students in Accounting and Management. Experimental data were tested using ANOVA and PROCESS macro to determine the direct or indirect effects between variables. First, the results indicate that a measurement basis directly affects honesty in budget reporting and honesty concern. Second, the interaction between measurement basis and slack benefits was not affecting honesty concern. Third, honesty concern has a positive effect on honesty in budget reporting. Fourth, POS has a moderating effect on the relationship between honesty concern and honesty in budget reporting. These findings indicate that the high presence of POS in an organizational environment can potentially mitigate the dishonesty in budget reporting, which means the presence of POS can increase the organizational commitment of employees to achieve goal congruence. This research is in line with regulatory focus theory (RFT) which explains that individuals will act based on their motivation and intentions. Besides, these findings support the organizational support theory (OST) which explains that the good relationship between employees and organizations can be improved through the presence of POS in the organizational environment, to create high organizational commitment and reduce unethical behavior such as dishonesty in budget reporting.

Kata Kunci : dasar pengukuran, manfaat slack, perceived organizational support, teori fokus regulasi, teori dukungan organisasi, kejujuran dalam pengajuan anggaran

  1. S2-2020-421994-abstract.pdf  
  2. S2-2020-421994-bibliography.pdf  
  3. S2-2020-421994-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2020-421994-title.pdf