Laporkan Masalah

Political Fragmentation in the Development of Renewable Energy in Indonesia; Case-Study of Sumba

BIMO HARYOSENO, Dr. Phill Gabriel Lele, S.I.P., M.Si.; Dr. Bevaola Kusumasari, S.I.P., M.Si.; Ag. Kustulasari 81, S.Pd., M.A.

2020 | Skripsi | S1 MANAJEMEN DAN KEBIJAKAN PUBLIK

Penilitian ini menjelaskan perkembangan energi terbarukan di Indonesia dengan menggunakan studi kasus di pulau Sumba. Perkembangan energi secara ekspansif telah membuat negara-negara berjuang melawan hambatan yang terjadi, pada akses terhadap energi dan keamanan energi. Bagi Indonesia, kegentingan untuk mencapai tujuan energi terbarukan sangat mempengaruhi keamanan energi dan juga perkembangan teknologi di tingkat kabupaten. Penilitian ini menganalisa dampak implementasi kebijakan energi terbarukan di pulau Sumba dan juga melihat perkembangan dan kerja sama yang terjadi di Sumba Iconic Island melalui wawancara, publikasi data, dan sumber dari internet. Selanjutnya, hambatan pada implementasi akan ditampilkan dengan cara memperhatikan strategi dan juga mencari solusi akan hambatan yang sedang terjadi di tingkat kabupaten. Walapun sudah ada inisiatif dari pemerintah, program Sumba Iconic Island masih belum cukup efektif dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Maka dari itu, perkembangan energi terbarukan dapat membantu memperbaiki kemanan energi nasional dan keberlanjutan untuk masa yang akan datang.

The study mainly describes the development of renewable energy in Indonesia with a special case study in Sumba Island. The vigorous expansion of energy development as well as demand have urged this nation to fight against some constrains which is directly related with energy access and energy security. For Indonesia, the urgency to accomplish the renewable energy target highly influences the energy security and also development of technologies at district-level. This study analyzes the impact of renewable energy implementation policy in Sumba Island and also tracks the progress and cooperation that appear in Sumba Iconic Island through interviews, data publications, and internet sources. Furthermore, constrains to the implementation are revealed to monitor the strategies and also to search for solutions to the existing obstacles at the district level. Despite the incentives made by the government, Sumba Iconic Island program has not been able to be effective in achieving the targets set. Thus, renewable energy development can help increasing the betterment of national energy security and its sustainability of the future.

Kata Kunci : Renewable Energy, Energy Security, Policy Implementation, Indonesia

  1. S1-2020-399210-abstract.pdf  
  2. S1-2020-399210-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-399210-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-399210-title.pdf