Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

SHIENNY FEBRIAN H, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, M.B.A., Ak., CA

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Profitabilitas perusahaan dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal baik dari dalam atau luar perusahaan. Investor menginginkan profitabilitas yang menjanjikan dari suatu perusahaan. Oleh sebab itu, manajer suatu perusahaan harus dapat mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi profitabilitas perusahaannya. Indonesia memiliki 9 sektor industri yang terdiri dari pertanian, pertambangan, industri dasar dan kimia, aneka industri, industri barang konsumsi, properti dan real estate, transportasi dan infrastruktur, keuangan, dan perdagangan, jasa, dan investasi. Pengaruh yang diberikan faktor internal dan eksternal terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia tentu akan berbeda dengan pengaruhnya secara khusus pada sektor industri. Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor internal yang terdiri dari likuiditas, indikator risiko kebangkrutan, struktur modal, dan ukuran perusahaan serta faktor eksternal yang terdiri dari inflasi, pertumbuhan PDB, suku bunga, dan nilai tukar terhadap return on assets perusahaan di Indonesia. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan 745 observasi yang terdiri dari 149 perusahaan listing di Indonesia. Hasil pengujian menunjukkan bahwa likuditas berpengaruh pada baik dan tidak dikontrolnya sektor industri dan pada sektor pertanian, aneka industri, transportasi dan infrastruktur, dan perdagangan, jasa, dan investasi. Indikator risiko kebangkrutan berpengaruh bila sektor industri tidak dikontrol dan pada pertanian, pertambangan, industri dasar dan kimia, aneka industri, properti dan real estate, transportasi dan infrastruktur, dan perdaganga, jasa, dan investasi. Struktur modal berpengaruh hanya di sektor aneka industri, keuangan, dan perdagangan, jasa, dan investasi. Ukuran perusahaan berpengaruh dengan mengontrol semua sektor industri dan pada pertanian, aneka industri, industri barang konsumsi, properti dan real estate, keuangan, dan perdagangan, jasa, dan investasi. Inflasi berpengaruh bila mengontrol sektor industri dan pada sektor keuangan. Pertumbuhan PDB berpengaruh hanya pada sektor infrastruktur dan transportasi. Suku bunga dan nilai tukar dikeluarkan dari model karena tidak memenuhi asumsi uji klasik.

Company profitability could be affect by internal and external factors. Manager should know which factor significantly affect the company's profitability. Indonesia has nine industry sectors. This thesis search the relationship between liquidity, bankruptcy indicator, capital structure, and company size (internal factors) also inflation, GDP, exchange rate, and interest rate (external factors) to return on assets. This research using quantitative method with 149 listed company in Indonesia from 2014 until 2018. The results show that liquidity affect by controlled or not industry also effect specifically to agriculture; manufacture; infrastructure and transportation; and trade, service, and investment sector. Bankruptcy indicator affect if industry not controlled and specifically effect to agriculture; mining; chemical industry; manufacture; property and real estate; infrastructure and transportation; also trade, service, and investment sectors. Capital structure only affect to manufacture; financial; and trade, service, and investment. Company size affect by controlled industry and agriculture; manufacture; consumer discretionary and staples; property and real estate; financial; also trade, service, and investment. Inflation significantly affect if the industry controlled and to financial sector. GDP affect only to infrastructure and transportation sector. Variable exchange rate and interest rate are exclude because they are not fit with the assumption in multiple regression.

Kata Kunci : faktor internal, faktor eksternal, profitabilitas

  1. S1-2020-393252-abstract.pdf  
  2. S1-2020-393252-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-393252-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-393252-title.pdf