Laporkan Masalah

RESIPROSITAS KOMPREHENSIF-DINAMIS PADA RELASI ANTAR ORGANISASI LINTAS SEKTOR

CICILIA LARASATI R, Dr. Avin Fadilla Helmi,M.Si; Dr. Bagus Riyono, M.A

2020 | Disertasi | DOKTOR ILMU PSIKOLOGI

Tujuan penelitian ini adalah menggali pemahaman baru tentang dinamika resiprositas antar organisasi lintas sektor, khususnya BUMN dan masyarakat. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan desain grounded theory guna membangun teori dari proses induktif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara semi terstruktur secara mendalam, FGD, pencatatan lapangan, dan data media. Partisipan adalah aktor yang mewakili organisasi BUMN dan masyarakat, berelasi satu sama lain dan berpartisipasi dalam program balkondes. Jumlah partisipan adalah 29 orang, 20 orang mewakili masyarakat yang berasal dari 4 balkondes, 9 orang mewakili BUMN, yang berasal dari 6 lembaga BUMN. Teknik analisa data terdiri dari open coding, axial coding, selective coding. Kredibilitas penelitian dilakukan dengan cara triangulasi, penulisan detil, pengecekan kembali ke lapangan, memahami konteks, mendapatkan data yang sesuai, melakukan perbandingan yang sistematis, membuat kategori yang mencakup data empiris, analisis logis, dan memberikan data lengkap sejalan dengan analisa dan argumentasi. Keaslian penelitian ini adalah 1) berfokus pada relasi antar organisasi lintas sektor (bisnis dan sosial), 2) mengombinasikan teori dasar dan kontemporer sebagai wawasan awal, dan 3) memetakan dinamika resiprositas secara menyeluruh, 4) menemukan kerangka resiprositas organisasi lintas sektor. Kekhasan temuan penelitian adalah sonjo sebagai bentuk relasi keterhubungan yang sangat terkait dengan nilai komunalitas. Hasil penelitian sekaligus novelty dari penelitian ini adalah resiprositas komprehensif-dinamis. Komprehensif meliputi anteseden, proses, konsekuensi. Dinamis karena a) terdapat kombinasi antara relasional dan transaksional, b) relasi resiprositas dapat mendekat dan menjauh, tidak statis, c) ada transformasi sumber daya anteseden menjadi sumber daya konsekuensi melalui proses transaksi dan relasi. Penelitian ini mengisi dan mengelaborasi teori resiprositas, menspesifikkan teori resiprositas baik dimensi dan indikatornya secara kontekstual.

The aim of the study is to explore dynamic of reciprocity in cross sector interorganizational relationship, specifically between State-Owned Enterprises (SOE) and society. This qualitative grounded teory used semi structured interviews, FGD, field note taking and media data in order to build theory inductively. Participants are actors represent SOEs organization and society, having a relation to each other and participate in balkondes (community enterprise) program. There are 29 participants, including 20 people representing society from 4 balkondes, 9 people representing SOEs from 6 SOE organizations. Data analysis consist of open, axial, and selective coding. Credibility were conducted through triangulation, detailed note taking, member checking, understanding the context, selecting suitable data, doing systematically comparison, categorizing data based on empirical, logical analysis and compete data along with analysis and argumentation. The research novelty are focused on 1) cross sector interorganizational relationship (business and social), 2) combining basic and contemporary theory, and 3) mapping dynamic of reciprocity thoroughly. The uniqueness of the research findings is the existence of communality values in form of sonjo. The findings emphasize a comprehensive-dynamic of reciprocity. Comprehensive consists of antecedents, processes, consequences. Dynamic because a)there is a combination of relational and transactional, b) reciprocity relations can be approaching and avoiding, not static, c) there is a transformation of antecedent resources into consequential resources through transaction and relationship processes. This research fills and elaborates on the theory of reciprocity, specifies the theory in terms of both dimensions and indicators contextually.

Kata Kunci : resiprositas,relasi antar organisasi, BUMN, masyarakat, tanggung jawab perusahaan, pariwisata dan pengembangan

  1. S3-2020-405349-abstract.pdf  
  2. S3-2020-405349-bibliography.pdf  
  3. S3-2020-405349-tableofcontent.pdf  
  4. S3-2020-405349-title.pdf