Laporkan Masalah

Implementasi Subsistem Evaluasi Akademik : Manajemen Periode, Update Rubric, dan Report pada Sistem Informasi Portal Project Implementation Unit

M DEVIAN RAMADHAN, Anindita Suryarasmi S.Kom., M.Cs.

2020 | Tugas Akhir | D3 Komputer dan Sistem Informasi

Project Implementation Unit (PIU) adalah salah satu unit kerja di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang bertugas mengawasi dan mengelola pembangunan gedung baru di wilayah UGM yang didanai oleh Japan International Cooperation Agency (JICA). Dalam pengelolaannya, Project Implementation Unit (PIU) memberikan evaluasi diri yang harus diisi oleh fakultas-fakultas pengusul secara terstruktur dan terdokumentasi, supaya dana yang diberikan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) dapat digunakan secara maksimal. Sebelum dibangunnya subsistem ini, evaluasi dilakukan secara manual menggunakan kertas. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibangun Subsistem Academic Evaluation, Update Rubric, Period, dan Report pada Sistem Informasi Portal Project Implementation Unit untuk pengguna Admin Akademik dan Pegawai PIU, agar dapat membantu dalam melakukan proses pengisian evaluasi, mengelola kriteria evaluasi, mengatur jangka waktu pengisian evaluasi, dan melihat hasil evaluasi. Sistem Informasi ini dibangun menggunakan framework CodeIgniter, Bahasa pemrograman PHP, MySQL sebagai sarana pengelolaan database, dan Apache sebagai web server. Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukkan bahwa subsistem yang telah dibangun, sudah memenuhi permintaan klien dan mampu memudahkan proses pengisian evaluasi. Sistem ini sudah layak digunakan berdasarkan penilaian dan pernyataan dari Admin Akademik dan Pegawai PIU selaku pengguna sistem.

Project Implementation Unit (PIU) is one of a units at Universitas Gadjah Mada (UGM) in charges of overseeing and managing the construction of new buildings in the UGM funded by Japan Internation Cooperation Agency (JICA). In its management, Project Implementation Unit (PIU) provides self-evaluations that must be filled by proposed faculties with structured and documented, so that funding from Japan Internation Cooperation Agency (JICA) can be used used. Before this subsystem was built, the evaluation was done manually using paper. Based on these problems, an Academic Evaluation, Update Rubric, Period and Report Subsystem was built on Portal PIU Project Implementation Unit Information System for Academic Admin user and PIU Employees, in order to help to help in the process of filling out the evaluations, managing evaluation criteria, set the evaluation period, and see the evaluation results. This Information System was built using the CodeIgniter framework, PHP programming language, MySQL as a database management tool, and Apache as a web server. The results of testing this study indicate that the system has fulfilled the client's request and able to help the process of filling out the evaluations. This system is proper to be used based on the ratings and statements of the Academic Admin and PIU employees as a system user.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Evaluasi Akademik, Update Rubric, Periode, Report, CodeIgniter, PHP, MySQL.

  1. D3-2020-401041-abstract.pdf  
  2. D3-2020-401041-bibliography.pdf  
  3. D3-2020-401041-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2020-401041-title.pdf