Laporkan Masalah

Validasi Modul Pelatihan Psychological First Aid untuk Pendamping Korban Kekerasan Seksual Anak

SILVIANI, Dr. Budi Andayani, M.A., Psikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Kekerasan seksual anak merupakan kejadian yang berdampak traumatis pada anak, namun belum banyak pendamping yang memahami cara memberikan respon dan bantuan untuk mengurangi dampak traumatis tersebut. Psychological First aid (PFA) adalah salah satu bentuk respon yang dapat membantu orang-orang mengurangi dampak negatif akibat peristiwa traumatis. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi modul pelatihan PFA untuk pendamping korban kekerasan seksual anak. Hasil validitas isi modul berdasarkan penilaian dari 3 ahli mendapatkan koefisien Aiken's V sebesar 0,841 (V>0,50). Ujia validitas fungsional dengan desain eksperimen pretest-posttest control group design. Partisipan merupakan pendamping di lembaga perlindungan anak yang terdiri dari 30 orang, terbagi kedalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengukuran terhadap dampak pelatihan menggunakan tes pengetahuan dan skala keterampilan PFA. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi tes pengetahuan sebesar 0,032 dan nilai signifikansi keterampilan PFA sebesar 0,001 (p<0,05). Hasil Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi 0,015 untuk pengetahuan dan 0,001 (p<0,05) untuk keterampilan PFA. Hal ini menunjukkan bahwa Modul Pelatihan Psychological Forst Aid untuk Pendamping Korban Kekerasan Seksual Anak memiliki validitas isi dan validitas fungsional yang baik.

Child sexual abuse is an event that has a traumatis impact in children, but there are not many companions who understand how to respond and help to reduce the traumatic impact. Psychological first aid (PFA) is a form of response that can help people reduce the negative effect of traumatic events. This study aims to validate the PFA training module for companion victioms of child sexual abuse. The result of the module content validity based on the assessment of 3 experts and get Aiken's V coefficient of 0,841 (V>-,05). Fungsional Validity with the pretest-posttest control group design experimental design. Participants are companions in a child protection institution consisting of 30 people, divided into experimental and control groups. Measurement of the impact of training uses knowladge tests was 0,032 and the significance value of the PFA skill wa 0,001 (p<0,05). Mann Whitney's results showed that there were differences value of 0,015 for knowladge and 0,001 (p<0,05) for PFA skills. This shows that the psychological First Aid Training Module for Companions Victims of Child Sexual Abuse has good content validity and sunctional validity.

Kata Kunci : Psychological First Aid, Child Sexual Abuse, Training, Companion

  1. S2-2019-418908-abstract.pdf  
  2. S2-2019-418908-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-418908-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-418908-title.pdf