Laporkan Masalah

TYPOLOGY AND CHOICE OF INFORMAL PARK AND RIDE, CASE STUDY OF KENDAL REGENCY INDONESIA

ITRINNA FAJAR, Prof. Ir. Achmad Djunaedi,MURP.,Ph.D

2019 | Tesis | MAGISTER PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

Park and Ride (P&R) atau titipan motor menawarkan alternatif yang efisien untuk mengakses jalur-jalur utama dari daerah yang kepadatannya rendah. Di Kabupaten Kendal, fasilitas ini memungkinkan orang untuk memilih antara berkendara atau naik bus ketika mereka sampai di jalan nasional pantura. Penelitian ini mengeksplorasi karateristik pengguna informal P&R dan karakteristik informal P&R termasuk asal dan tujuan penggunanya, fasilitas, dan penggunaan ruang. Survei stated preference dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengguna dalam memilih local P&R Model binary logit diterapkan karena alternatif pilihan fasilitas parkir dibatasi menjadi dua kategori fasilitas yaitu P&R periferal dan P&R lokal. Fungsi ini secara umum direpresentasikan sebagai fungsi linier dari atribut fasilitas P&R yang dibobot oleh koefisien yang berupaya mewakili kepentingan relatif mereka seperti yang dirasakan oleh pengguna P&R. Umur, jenis kelamin, fasilitas, biaya, parkir inap, kapasitas P&R, penggunaan ruang adalah faktor-faktor yang mungkin berpengaruh pada pemilihan tipe P&R Periferal atau P&R local. Berdasarkan survei preferensi yang diolah oleh program R, hasil dari jenis pilihan fasilitas P&R dalam beberapa sekenario, variabel yang secara signifikan mempengaruhi perilaku pilihan P&R adalah jenis kelamin, biaya, kemudahan, layanan semalam dan jenis penggunaan spasial. Sedangkan faktor usia dan kapasitas tidak secara signifikan mempengaruhi pilihan tipe P&R.

Park and Ride (P&R) offers an efficient alternative to accessing major transport nodes in low-density settings. In Kendal Regency these facilities allow people to choose between drive and ride bus when they arrive in national road. This research is exploring the characteristics of informal parking facilities including reason commuters travel by P&R mode, origin and destination of their users, amenities, capacity and space use. A stated preference survey was carried out to get insight how to improve utilization of local P&R. Binary logit model is applied since the alternative of parking facility choice is limited into two categories peripheral P&R facilities and Local P&R facilities. The utility is generally represented as a linear function of the attributes of the P&R facility weighted by the coefficients which attempt to represent their relative importance as perceived by P&R users. Age, gender, cost amenity, overnight service, P&R capacity, spatial use are possible factors that affect people to choose between Peripheral Park-and-Ride facilities and local Park and-Ride facilities Based on stated preference survey processed by R statistics, the result of type of P&R facility choice under hypothetical scenarios as follow: (1) variables that significantly affect park and ride choice behavior are gender, cost, amenity, overnight service and type of spatial use. Whereas factor age and capacity do not significantly affect park and ride type choice. (2) Even though variable cost is significant, but the variable is insensitive to P&R type choice. While variable number of amenity is more sensitive to P&R type choice.

Kata Kunci : park and ride, tipologi park and ride, perencanaan transportasi, manajemen permintaan transportasi, parkir

  1. S2-2019-419415-Abstract.pdf  
  2. S2-2019-419415-Bibliography.pdf  
  3. S2-2019-419415-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-419415-Title.pdf