Peran School Belonging dan Hardiness terhadap Motivasi Berprestasi pada Siswa Keluarga Menuju Sejahtera
GEIZY AZHARI PUTRI, Fauzan Heru Santhoso, M.Si., Ph.D., Psikolog
2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESIMotivasi merupakan salah satu hal penting bagi siswa dalam proses belajar untuk mencapai prestasi. Adanya motivasi untuk berprestasi yang dimiliki siswa memberikan semangat, arah, dan kegigihan perilaku untuk mencapai prestasi yang maksimal. Motivasi berprestasi sebagai salah satu aspek psikis, dalam prosesnya dipengaruhi oleh faktor individu, seperti rasa dimiliki sekolah (school belonging) dan ketangguhan (hardiness). Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris peran school belonging dan hardiness dalam memprediksi motivasi motivasi berprestasi pada siswa KMS. Subjek penelitian berjumlah 226 siswa KMS dari tiga SMP di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental dengan metode survei. Alat ukur yang digunakan adalah skala motivasi berprestasi, skala psychological sense of school membership dan skala hardiness. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa school belonging dan hardiness secara bersama-sama mampu memprediksi motivasi berprestasi pada siswa KMS. Hubungan yang terjadi adalah positif, yaitu semakin tinggi school belonging dan hardiness, maka semakin tinggi motivasi berprestasi siswa KMS
Motivation is one of the important things for students in the learning process to achieve the best performance. This motivation for reaching best performance possessed by students provides enthusiasm, direction, and persistence in students behavior. As one of the psychological aspects, the achievement motivation is influenced by individual factors, such as a sense of belonging to the school (school belonging) and hardiness. This research objective is to examine empirically the role of school belonging and hardiness in predicting motivation to best performance of KMS students. The research subjects were 226 KMS students from three Junior High Schools in the city of Yogyakarta. This research is a non-experimental quantitative research with a survey method. The tools of measurement are used in scale of best performance motivation scale, psychological sense of school membership and hardiness. The results of this study indicate that school belonging and hardiness together are able to predict achievement motivation in KMS students. The relationship that occurs is positive, the higher school belonging and hardiness, the higher the achievement motivation of KMS students
Kata Kunci : School belonging, Hardiness, Motivasi berprestasi, siswa KMS