Laporkan Masalah

STRATEGI PENGELOLAAN SISTEM : STUDI KASUS PADA SEKOLAH DASAR INKLUSI UNGGULAN KOTA YOGYAKARTA

NUURUL ILAAHI R, Fauzan Heru Santhoso, M.Si, Ph.D

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Muncul kepedulian dunia global dan nasional untuk mewujudkan pendidikan yang adil dan setara melalui pendidikan inklusif. Terdapat cukup banyak tantangan yang harus diatasi dalam pelaksanaan pendidikan inklusif di Indonesia. Permendiknas nomor 70 tahun 2009 merupakan dasar kebijakan utama penerapan sekolah inklusi di Indonesia. Kota Yogyakarta berhasil membuktikan komitmen yang kuat dalam melaksanakan pendidikan inklusif yang berkualitas. Kepala sekolah adalah determinan penting yang memegang kendali penerapan kebijakan di sekolah inklusi yang dipimpin. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana strategi pengelolaan sistem pendidikan inklusif pada sekolah-sekolah yang telah mampu mengimplementasikan pendidikan inklusif dengan sangat baik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sumber data penelitian didapatkan dari wawancara dan observasi. Analisis yang dilakukan pada penelitian menggunakan analisis studi kasus general. Penelitian ini menghasilkan enam tema temuan penelitian, yaitu : 1) Pengadaan asesmen rutin guna menseleksi dan mengevaluasi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), 2) Pengadaan program vokasi sebagai alternatif pengembangan kompetensi non akademik dan ketrampilan ABK, 3) Pengadaan pelatihan/ diklat/ workshop sebagai upaya peningkatan kompetensi guru-guru dan GPK dalam menangani ABK, 4) Penerapan Metode pull out sebagai strategi pendampingan ABK, 5) Menciptakan kepedulian dan penerimaan terhadap ABK, 6) Pengadaan forum komunikasi dengan wali murid tentang perkembangan ABK. Sedangkan faktor yang mendukung terlaksananya pendidikan inklusi dengan baik adalah ketersediaan dana yang mencukupi dan dukungan maksimal dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Awareness has been arised globally and nationally to realize a fair and equal educational system by establishing inclusive education. There are many challenges to face in implementing inclusive education in Indonesia. Permendiknas number 70 year 2009 which become main policy of inclusive education emplemetation has succeeded in raising spirit of inclusive education. Yogyakarta has successfully proved its strong commitment to implement qualified inclusive education. Principals is main determinant which leading policy in their school. This study aim to explore how system management strategy of excellent inclusive primary school principals of Yogyakarta improve inclusive education quality. Method using in study is qualitative approach with case study technique. Data resources of study are from interview and observation. This study using general case study analysis. Result of this study are six theme that are : 1) Continual assessment to select and evaluate Special Needs Students (SNS) , 2) Vocational program as alternative development of non-academic competency and skills of SNS, 3) Providing training/ seminars/ workshop as the effort of enhancing teacher�¢ï¿½ï¿½s and GPK�¢ï¿½ï¿½s competency in educating SNS, 4) Pull out as the strategy in accompanying SNS, 5) Providing care and acceptance for SNS, 6) Creating communication forum with parent about the progress and development of SNS. While strong factor which support good implementation of inclusive school are adequate fund availability and maximum support from stakeholder.

Kata Kunci : sekolah inklusi, pengelolaan, kepala sekolah

  1. S2-2019-403942-abstract.pdf  
  2. S2-2019-403942-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-403942-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-403942-title.pdf