Laporkan Masalah

EFIKASI DIRI AKADEMIK SEBAGAI MEDIATOR HARGA DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK

VINA DWIANA, Dr. Maria Goretti Adiyanti., M.S., Psikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Masalah prokrastinasi akademik pada mahasiswa terjadi dimana-mana, termasuk di salah satu Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Negri di Jawa Timur. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah harga diri. Secara tidak langsung harga diri dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik melalui variabel perantara, yaitu efikasi diri akademik, dimana efikasi diri akademik juga merupakan faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh harga diri terhadap prokrastinasi akademik melalui efikasi diri akademik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah efikasi diri akademik dapat memediasi harga diri dan prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Partisipan penelitian merupakan mahasiswa di salah satu Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Negri di Jawa Timur, Angkatan 2015 yang masih kuliah lebih dari empat tahun, dengan jumlah partisipan sebanyak 86 orang. Data dikumpulkan dengan mengisi angket berisi Skala Prokrastinasi Akademik, Skala Harga Diri, dan Skala Efikasi Diri Akademik yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri akademik tidak dapat memediasi harga diri dan prokrastinasi akademik, signifikansi efek tidak langsung pengaruh harga diri dengan prokrastinasi akademik melalui efikasi diri akademik adalah 0,5 (p>0,05). Oleh karena itu hipotesis pada penelitian ini tidak diterima.

The problem of academic procrastination in students occurs everywhere, including at one of the Faculty of Agricultural Technology, State University in East Java. One of the factors that influence academic procrastination is self-esteem. Indirectly self-esteem can affect academic procrastination through intermediary variables, namely academic self-efficacy, where academic self-efficacy is also a factor that influences academic procrastination. This study aims to look at the effect of self-esteem on academic procrastination through academic self-efficacy. The hypothesis in this study is that academic self-efficacy can mediate self-esteem and academic procrastination. This research uses survey research methods. The research participants were students at one of the Faculty of Agricultural Technology, State University in East Java, Class of 2015 who were still studying for more than four years, with 86 participants. Data was collected by filling out a questionnaire containing an Academic Procrastination Scale, Self-Esteem Scale, and Academic Self-Efficiency Scale which was translated into Indonesian. Data analysis was performed using path analysis techniques. The results of this study indicate that academic self-efficacy cannot mediate self-esteem and academic procrastination, the significance of the indirect effect of the effect of self-esteem with academic procrastination through academic self-efficacy is 0.5 (p> 0.05). Therefore, the hypothesis in this study was not accepted.

Kata Kunci : prokrastinasi akademik, harga diri, efikasi diri akademik

  1. S2-2019-403966-Abstract.pdf  
  2. S2-2019-403966-Bibliography.pdf  
  3. S2-2019-403966-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-403966-Title.pdf