Laporkan Masalah

PENGARUH PEMASARAN KONTEN KONDOM TERHADAP SIKAP AUDIENS (Survei Pengaruh Pemasaran Konten Akun Instagram Durex terhadap Sikap Audiens Milenial Pengguna Instagram)

Anugerah Gilang Rizaldi, Lidwina Mutia Sadasri, S. I. P. , M. A.

2019 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Di era pemasaran 4.0, pemasaran konten menjadi salah satu taktik yang digunakan untuk memasarkan brand melalui konten-konten yang berguna untuk konsumennya. Pemasaran konten banyak dipilih oleh brand karena praktiknya yang membutuhkan biaya relatif lebih kecil, namun memiliki dampak yang lebih besar. Durex Indonesia menjadi salah satu brand yang memanfaatkan pemasaran konten yang dibagikan melalui akun resminya di media sosial Instagram. Berbeda dengan iklan konvensional yang pernah mereka lakukan, pemasaran konten Durex lebih berfokus memberikan pengetahuan seks tanpa menunjukkan kegiatan seks secara eksplisit. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemasaran konten Durex di Instagram pada sikap audiens Durex dengan menggunakan metode survei daring terhadap 400 orang responden milenial yang sudah pernah terpapar pemasaran konten Durex di Instagram. Responden didapatkan dengan cara membagikan tautan survei melalui media sosial Instagram dan menyebarkannya melalui beberapa akun influencer yang memiliki topik seputar seksualitas. Kemudian, data yang terkumpul diolah menggunakan program SPSS untuk mengetahui hubungan antara variabel pemasaran konten, nilai seksual milenial, dan sikap audiens pada Durex. Temuan yang didapatkan menunjukkan bahwa pemasaran konten Durex di Instagram memengaruhi sikap audiens pada Durex secara positif. Dengan begitu, kesimpulan yang didapatkan adalah pemasaran konten Durex di Instagram berpengaruh secara langsung pada sikap audiens pada Durex.

In the marketing 4.0 era, pemasaran konten has become one of so many marketing tactics that's used to sell brand through useful content for their consumers. Pemasaran konten is widely chosen by brands because it has a relatively low cost and high impact on the brand. Durex Indonesia is one of the brands who employ pemasaran konten on Instagram. Different from the conventional advertising that they've been done before, Durex's pemasaran konten focuses on giving sexual knowledge without showing about sex explicitly. This research aims to see the impact of Durex's pemasaran konten on Instagram towards audiences' attitude using an online survey towards 400 millennial respondents who have seen Durex's pemasaran konten. The respondents are collected by sharing the survey link through social media and some influencers social media account on Instagram who has sexuality as their topic. After that, the data that have been collected is being processed using the SPSS program to see the correlation between pemasaran konten, millennials' sexual value, and audiences' attitude on Durex. The findings show that Durex's pemasaran konten on Instagram positively affects the audience's attitude towards Durex. Therefore, the researcher can conclude that Durex's pemasaran konten on Instagram affects audiences' attitude on Durex directly.

Kata Kunci : pemasaran konten, kondom, milenial, sikap audiens, content marketing, condom, millennials, audiences attitude